Selasa, 07 Juli 2020 | 03:01:20 WIB

Menaker Himbau Pemda Berikan Perhatian Terhadap Lembaga-Lembaga Pelatihan

Senin, 24 Februari 2020 | 10:18 WIB
  • (FOTO : HUMASNAKER/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meresmikan dimulainya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Gelombang I Tahun 2020, di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (23/2).

Menaker Ida mengatakan, PBK sangat penting guna menyiapkan tenaga kerja dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri atau pengguna tenaga kerja.

Menurutnya, pelatihan yang dilakukan oleh lembaga pelatihan, baik milik pemerintah (seperti BLK) maupun swasta, harus di desain sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja.

"Keterlibatan pengguna tenaga kerja sangat penting untuk menciptakan link and match, baik dari sisi dunia usaha maupun dari sisi tenaga kerjanya," terang Ida.

Pemerintah lanjutnya, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berusaha untuk terus menekan tingkat pengangguran seminimal mungkin dengan program-program berbasis pada kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam kesempatan ini, Menaker berpesan kepada para peserta pelatihan, agar dapat memanfaatkan usia anda kepada hal-hal yang bersifat produktif dan mengisinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang sebanyak-banyaknya, antara lain melalui PBK.

"Kepada Pemerintah Daerah (Pemda), saya juga menghimbau agar senantiasa memberikan perhatian terhadap lembaga-lembaga pelatihan, karena lembaga pelatihan merupakan asset penting dalam peningkatan kompetensi SDM," jelas menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Lubuklinggau, Purnomo melaporkan peserta Pelatihan gelombang I di BLK Lubuklinggau untuk tahun 2020 ini, diikuti oleh 112 peserta, yang dibagi menjadi 7 paket kejuruan, diantaranya yakni kejuruan tata boga, tata rias, instalasi listrik, AC, perakitan komputer, dan TIK.

"Kami juga telah memiliki MoU kesepakatan terkait OJT/On The Job Training dengan beberapa industri di wilayah ini, salah satunya seperti industri perhotelan, yang ini merupakan kesempatan yang baik untuk para peserta pelatihan," ungkap Purnomo.

Peresmian PBK ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kemnaker Bambang Satrio Lelono, Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe, Kadisnaker Kota Lubuklinggau Purnomo, serta Kepala BLK Lubuklinggau Totok Haryato. (ARMAN R)