Jumat, 05 Juni 2020 | 20:33:28 WIB

Bupati Halbar Danny Missy Buka Musrenbang 2020 di Jaltim

Senin, 24 Februari 2020 | 15:45 WIB
  • Bupati Halbar Danny Missy saat membuka acara Musrenbang tahun 2020 di kantor kecamatan Jailolo Timur desa Akelamokao, kec Jaltim, kab Halbar, Senin (24/2/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 yang dilaksanakan di Kecamatan Jailolo Timur, pada Senin (24/02/2020) pagi dibuka oleh Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy.

Acara Musrenbang yang diikuti oleh dua kecamatan Jailolo Timur dan Jailolo Selatan itu dipusatkan di desa Akelamokao, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar, Malut.

Bupati Danny Missy dalam pidatonya menyinggung soal nasib enam desa yang saat ini sedang menyiapkan kodefikasi desa untuk empat desa yang ada di Jailolo Timur. Sementara dua desa seperti desa Pasir Putih dan desa Dumdum tetap diprakarsai untuk tahapan berikut.

"Saat ini persiapan kami hanya menunggu kode desa untuk enam empat desa yang sudah kami usulkan ke Mendagri. Sedangkan dua desa lain, Pasir Putih dan Dum-dum terap direlokasi dalam pemekaran tahun ini," kata Danny dsambut tepuk tangan para hadirin dan tamu khusus enam desa.

Dalam paparannya Bupati meminta kepada seluruh kepala dinas yang hadir dalam acara itu agar benar-benar berkonsentrasi untuk pembangunan kecamatan Jailolo Timur.

"Saya minta pada kepala dinas yang hadir saat ini agar catat instruksi saya, dan saya perintahkan pada kalian semua benar-benar fokus untuk pembangunan di kecamatan Jailolo Timur," tegas Bupati Danny.

Dalam instruksinya, Bupati meminta para kadis se Halbar itu menyebut besaran anggaran yang di khususkan pada kecamatan Jailolo Timur. Ada sebelas poin yang disodorkan pada anggaran tahun ini. Salah satunya pembangunan pasar tradisional dan puskesmas rawat inap yang dipusatkan di Jailolo Timur.

"Ada sebelas poin, dan total anggaran sebesar 10 miliar lebih untuk pembangunan di kecamatan Jailolo Timur. Kira-kira anda semua setuju," tanya Bupati dan dijawab para peserta Musrenbang setuju.

Diakhir pidatonya, Bupati kembali menegaskan bahwa bantuan yang sudah disepakati ini agar segera ditindaklanjuti oleh seluruh kepala dinas dan harus diterima oleh masyarakat enam desa yang ada di Jailolo Timur.

Selain itu, ia meminta agar dalam acara Musrenbang kali ini jangan banyak mengusulkan dalam perubahan anggaran tahun ini. Bupati hanya mengusulkan satu poin saja agar anggaran itu benar-benar terealisasi dalam usulan Musrenbang kali ini.

"Saya usul satu saja dalam Musrenbang ini. Jangan banyak usul, nanti ujung-ujungnya tidak ada satupun yang bantuan yang direalisasi dalam usulan Musrenbang tahun ini," paparnya.

ALDY M