Selasa, 02 Juni 2020 | 00:09:55 WIB

Bupati Kepsul Sosialisasi Pencegahan Covid-19 pada Siswa Sekolah

Kamis, 19 Maret 2020 | 20:07 WIB
  • (Foto: Imelda/Lindo)

KEPSUL, LINDO - Seperti tidak mau kecolongan masuknya Covid-19 atau Virus Corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemda Kepsul) terus meningkatkan pencegahan dan upaya preventif, salah satunya dengan melakukan sosialisasi pencegahan penularan virus tersebut.

Bertempat di SMPN 1 Sulabesi Tengah Desa Waiboga dan SDN 5 Desa Mangon, Bupati Hendrata Thes bersama Tim Satgas Pencegahan Corona, Syafrudin Sapsuha (Sekda), Ishak Umamit (Kadis Pendidikan), Ismiyati Gay (Kadis P3AKB), dan Basaludin Labessy (Humas dan Protokol Pemda Kepsul), melakukan sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19 atau Virus Corona.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait virus mematikan tersebut, sekaligus untuk mengajarkan anak-anak senantiasa menjalani pola hidup sehat, seperti selalu mencuci tangan usai dan setelah melakukan kegiatan.

Ditemui sela kegiatan, Kadis Pendidikan Ishak Umamit kepada awak media mengatakan pihaknya sudah komitmen mengunjungi seluruh semua sekolah yang ada di Kepulauan Sula untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya virus tersebut.

"Ini sudah menjadi Komitmen Kami, untuk mengunjungi sejatinya semua sekolah, dan pada APBD-P nanti akan ada perhatian salah satunya tadi, tempat untuk mencuci tangan serta fasilitas lainnya," ujar Ishak Umamit.

Sementara itu dikabarkan beberapa item bantuan kepada sekolah-sekolah yang salah satunya SMPN 1 Sulabesi Tengah ini akan segera direlaisasikan Tahun 2020 ini.

Sedangkan Dinas Kesehatan yang menjadi ujung tombak satgas Pencegahan dan Pencebaran Covid-19 bersama BPBD, Dinas Perhubungan dan Dinas terkait lainnya, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Iswan Taufik dan Saiful Maskar mengatakan,

"Selain Sosialisasi ini sebenarnya yang tidak kalah penting dan menjadi konsentrasi Kita adalah Orang-orang yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Sula melalui pintu masuk Bandara dan Pelabuhan-pelabuhan di Sula," beber Syaiful.

Riswan Taufik menambahkan yang penting juga adalah bagaimana kita bisa mendeteksi jika ada warga masyarakat yang masuk melalui pintu-pintu tadi, yakni Bandara dan Pelabuhan. Untuk itu Deteksi dini berupa pengukuran suhu tubuh menjadi pemerikasaan yang serius untuk setiap warga yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Sula.

Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes dikabarkan malam ini akan melakukan rapat terbatas bersama Satgas Covid-19 dan Dinas Terkait untuk membahas langkah-langkah strategis selanjutnya demi untuk mecegah Penularan Virus Corona ke Kabupaten Kepulauan Sula.

IMEL