Sabtu, 08 Mei 2021 | 09:02:57 WIB

Lakukan Gabalil Hai Sua, 130 Siswa SMA Sanana Diamankan Polisi

Minggu, 29 Maret 2020 | 11:56 WIB
  • Ratusan siswa SMU Sanana sedang di amankan polisi, Sabtu (28/03/2020). (Foto: Imelda/Lindo)

SANANA, LINDO - Saat sejumlah sekolah di Indonesia, termasuk sekolah-sekolah di kabupaten Kepulauan Sula, di liburkan karena wabah virus Corona/ COVID-19 dengan tujuan memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona/ COVID-19 itu.

Para siswa diliburkan dengan tujuan mereka berdiam diri di rumah sambil belajar mandiri di rumah yang di bimbing oleh masing-masing guru dan di awasi oleh para orang tua masing-masing siswa.

Tetapi tidak untuk siswa-siswi SMU/MTS/sederajat di Sanana, kabupaten Kepulauan Sula.

Sebanyak 130 siswa SMA/sederajat di Sanana terpaksa di amankan pihak kepolisian (Polres Sula) pada saat melakukan kegiatan Gabalil Hai Sua, berjalan mengelilingi Sula, Sabtu (28/03/2020).

Saat di konfirmasi pada beberapa orang tua siswa yang anaknya di amankan oleh polisi, salah satunya orang tua murid bernama Mariam mengatakan bahwa yang dilakukan oleh anaknya itu, ia tidak mengetahui secara pasti.

"Saya tidak tahu anak saya keluar dari rumah dan melakukan kegiatan Gabalil Hai Sua," katanya.

Secara terpisa, Kasat Intel Polres Sula Ipda Syamsul B Rosongging SH, menjelaskan bahwa sesuai dengan surat edaran dari Kapolri dan instruksi bupati kabupaten Kepulauan Sula terkait pelarangan berkumpul dalam jumlah yang banyak orang untuk memanilisir penyebaran Virus Corona/COVID-19, maka kegiatan Gabalil Hai Sua yang dilakukan oleh sejumlah siswa-siswi SMA/sederajat di Sanana pada Sabtu (28/03/2020) sore terpaksa dibubarkan secara paksa.

"Para siswa-siswi tersebut telah kami amankan di Posko Satgas Pencegahan Covid-19 dan kemudian kami amankan di Polres Sula untuk kami berikan sosialisasi dan pembinaan kepada mereka dengan harapan siswa-siswi ini, termasuk teman-teman mereka yang lain tidak melakukan hal itu kembali," kata Ipda Syamsul.

Selain itu kata dia, jajarannya sudah melakukan pertemuan dengan para guru dan orang tua siswa-siswi ini untuk meminta kesadaran mereka agar dapat mengawasi anak-anaknya untuk tidak beraktifitas diluar rumah.

"Kami meminta kerjasama yang baik para guru dan juga orang tua siswa-siswi dalam rangkah mencegah penyebaran Virus Corona/ COVID-19 di kabupaten Sula. Harapan kami pada guru dan orang tuanya, agar terus mengawasi anak-anak mereka untuk tetap ada di rumah dan tidak melakukan kegiatan serupa," cetus Kasat Intel Polres Sula.

IMEL