Rabu, 15 Juli 2020 | 05:50:56 WIB

Pomal Lantamal XII Pontianak Dukung Patroli Gabungan Semprot Cafe Bandel Pakai Disinfektan  

Minggu, 5 April 2020 | 23:26 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T, Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal)  Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak mendukung pelaksanaan patroli gabungan di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (3/4/20). Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah dan menghindari penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dibawah pimpinan langsung Kasdim 1207/BS Letkol Infantri Wisnu Herlambang menyampaikan, kita berupaya tidak bosan-bosanya untuk mengingatkan masyarakat, bahwa Negara Indonesia sudah terpapar virus Corona. Penyebaran virus ini sangat berbahaya, sesuai dengan SE dari Walikota Pontianak untuk masyarakat yang menjual makanan baik toko, cafe dan warung segala macam, agar melaksanakan strategi membeli dengan cara take away atau dibungkus.

Seperti yang kita lihat bersama, masih banyak masyarakat kita yang belum sadar. Belum memahami betapa rawannya atau bahayanya apabila sudah terpapar, sudah ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Pontianak ini yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat.

Sehingga inilah salah satu cara dari Kodim 1207/BS, Pomal Lantamal XII, satpol PP serta satu unit Damkar dari yayasan pemadam kebakaran khatulistiwa (YPKK) untuk berupaya mencegah dengan cara membubarkan masyarakat yang masih berkumpul dan yang masih membeli makanan dengan cara makan di tempat tetapi tidak dengan cara dibungkus atau take away sesuai edaran atau himbauan Walikota Pontianak.

Cara atau strategi aparat bagi pengusaha atau pelaku usaha ini yang masih bandel, susdah berulang-ulang dalam patroli-patroli sebelumnya sudah diingatkan dan sudah bersedia memenuhi ketentuan sesuai surat edaran walikota, namun masih didapati menerima pelanggan-pelanggan untuk makan di tempat.

"Tujuan kita melaksanakan penyemprotan Disinfektan adalah untuk mencegah, karena mereka berkumpul lebih dari 6 orang dalam ruangan yang sempit sehingga terjadi kontak fisik, dikhawatirkan ada salah satu yang menyebarkan virus, sehingga kita semprot cairan disinfektan. Itu semua untuk kebaikan kita bersama agar warung, took, cafe tersebut sterill dari virus," kata Kasdim 1207/BS. (ARMAN R)