Minggu, 07 Juni 2020 | 04:04:07 WIB

Danlantamal XII Pontianak Buka Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 TA 2020

Selasa, 7 April 2020 | 21:05 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka mendukung tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi membuka secara langsung Latihan penanggulangan dampak wabah covid-19 Tahun Anggaran (TA) 2020, di Mako Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (7/4/20).

Dalam sambutannya, Danlamtamal XII Pontianak menyampaikan, acara pembukaan pada hari ini merupakan tanda dimulainya latihan penanggulangan dampak Wabah Covid-19 yang dilaksanakan di mako Lantamal XII, yang diikuti oleh unsur-unsur Lantamal XII, dan seluruh personil jajaran Lantamal XII.

"Latihan ini merupakan upaya meningkatkan kesigapan prajurit Lantamal XII dan Yonmarhanlan XII didalam mendukung aksi pemerintah daerah dalam penanggulangan dampak Corona Virus desease (Covid-19) dan melatih kemampuan jajaran Lantamal XII untuk bekerja sama dengan instansi terkait dalam rangka penanggulangan bencana wabah Covid-19 yang sudah terjadi di wilayah kerja Lantamal Xll yaitu Provinsi Kalbar," jelas Laksma TNI Agus Hariadi.

Hal tersebut menurutnya, adalah sebagai salah satu bentuk sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Daerah (Pemda) dan instansi sipil lainnya dalam penjabaran tugas Operasi Pemda guna menanggulangi dampak wabah Covid-19. 

"Seperti kita ketahui bersama, sejak awal mewabahnya Covid-19 pada akhir tahun 2019 sampai dengan awal tahun 2020 di Wuhan Cina, telah menimbulkan korban jiwa sampai dengan puluhan ribu orang dan ratusan ribu orang dirawat di Rumah sakit di seluruh dunia," ujar Danlantamal.

Kondisi ini kata Danlantamal, menjadi perhatian seluruh Dunia termasuk di Negara Republik Indonesia. Hal tersebut menuntut sinergitas, peran serta dari Pemerintah, masyarakat, serta TNI dan Instansi terkait untuk bekerja sama guna menanggulangi dampak wabah Covid-19.

Ia menjelaskan, latihan ini penting dilaksanakan sebagai kesiapan dan kerja sama antara jajaran Lantamal XII dengan instansi terkait yang akan tergabung dalam satuan tugas siaga penanggulangan dampak wabah Covid-19, khususnya di wilayah Provinsi Kalbar guna mendukung tupok TNI AL dalam penanggulangan bencana nasional untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Harapan saya, pada latihan ini adalah terwujudnya kesiapan dan sinergitas satuan jajaran Lantamal XII dengan instansi terkait dalam rangka melaksanakan penanggulangan dampak wabah covid-19, terwujudnya sistem komando, kendali, komunikasi, komputer, intelijen penginderaan dan pengintaian (K4IP) dengan benar dalam rangka penanggulangan dampak wabah Covid-19," harapnya.

Danlantamal menekankan, para peserta harus menguasai prosedur latihan, mekanisme penanggulangan dampak wabah Covid-19 secara cermat dan benar dengan melaksanakan check and recheck terhadap semua kegiatan serta memahami kondisi lingkungan guna terwujudnya “Zero accident.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Benni Pilips, Asintel Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rikrik Permadi Sobana, S.E, Aspers Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) Ign Suarsana, S.sos, Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Mokhamad Subur S.T, Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, Kadis dan Kasatker, Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kalbar Eko, Kementerian kelautan dan perikanan (KKP) Kalbar dr. Riyanti serta seluruh prajurit Lantamal XII. (ARMAN R)