Rabu, 20 Oktober 2021 | 05:32:00 WIB

Pemkot Ternate Salurkan Ribuan Sembako pada Warga Dampak Covid 19

Rabu, 6 Mei 2020 | 10:07 WIB
  • Walikota Ternate Burhan Abdurrahman secara simbolis memberikan bantuan sosial berupa paket sembako pada perwakilan warga di halaman kantor walikota Ternate, Rabu (06/05/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

TERNATE, LINDO - Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate pada Rabu (06/05/2020) telah menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada 15 ribu lebih Kepala Keluarga (KK) dan diantar langsung di setiap rumah yang telah terdata.

Penerima bantuan ini, diluar dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diprioritaskan bagi keluarga yang belum menerima bantuan seperti tukang ojek, supir angkot, pekerja restoran, dan pekerja XXI Jatiland Mall Ternate. 

Menurut Walikota Ternate, Burhan Abdurahman, bantuan ini disalurkan disetiap kecamatan dan melibatkan Tim Gugus Tugas Covid-19 agar bisa  diberikan secara langsung ke masing-masing rumah yang sudah terdata. Dengan tujuan, menjauhi kerumunan bagi penerima bantuan. 

"Bantuan sembako ini, disalurkan di setiap kecamatan, dan kami akan melibatkan gugus tugas, karena bantuannya banyak, dan diantar setiap rumah," ucap Walikota.

Dijelaskan, bantuan yang akan disalurkan yakni, Beras 10 Kg, Mie Instan, Telur, Minyak Goreng, Teh, Gula, sebagai kebutuhan sehari-hari. 

"Pekerjaan pasti banyak, karena kami mengambil beras di perum bulog itu kebanyakan beras dengan berat 50 Kg semua, dan kami pisahkan 10 Kg sebanyak 15 ribu KK," tuturnya.

Menurutnya, penerima bantuan ini diluar dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) karena bantuan ini difokuskan kepada pekerja yang sementara ini tempat kerja mereka di tutup sementara waktu seperti, supir angkot, tukang ojek, pekerja restoran, dan pekerja XXI.

"Sementara waktu para pekerja ini tidak dapat penghasilan seperti sebelumnya karena tempat mereka kerja ditutup sementara waktu, begitu juga dengan tukang ojek dan supir angkot karena penumpang sepi, pastinya mereka pulang di rumah, ini yang harus di prioritaskan," terangnya.

Walikota menegaskan kepada Dinas Sosial Kota Ternate, harus teliti bagi penerima bantuan jangan sampai terlewatkan karena itu hak mereka yang harus diberikan. 

"Harus teliti, jangan sampai terlewat. Kalau siapa yang sudah dapat sumbangan sebelumnya, tidak usah berikan tapi kepada Keluarga yang belum mendapatkan bantuan itu," tutupnya.

SULTAN