Rabu, 15 Juli 2020 | 09:54:15 WIB

Sekjen Kemhan RI Ikuti Pertemuan Virtual ADSOM Terkait Covid-19

Sabtu, 16 Mei 2020 | 06:01 WIB
  • (FOTO : HUMASKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Marsda TNI Donny Ermawan T, M.D.S., memimpin Delegasi Indonesia mengikuti pertemuan virtual Asean Defence Senior Officials’ Meeting (ADSOM), di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (15/5/20).

Pertemuan yang dilaksanakan secara online melalui Video Conference (Vicon) tersebut, membahas terkait kerjasama di bidang pertahanan diantaranya kerjasama dalam penanganan pandemic Covid-19 dalam kerangka ASEAN Defense Ministers’ Meeting (ADMM).

Pertemuan tersebut juga menjadi kesempatan yang baik untuk saling berbagi pandangan mengenai situasi keamanan regional dan internasional dalam konteks pandemik Covid-19. Pertemuan ADSOM dibuka oleh Vietnamese Deputy Minister of National Defence Sen. Lieut. Gen Nguyen Chi Vinh selaku Ketua ADSOM dan diikuti oleh Delegasi Kementerian Pertahanan dari 10 Negara Asean dan Delegasi dari Sekretariat Asean.

Sekjen Kemhan selaku Ketua Delegasi ADSOM Indonesia, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pandemik Covid-19 memberikan efek dinamis tidak hanya pada pilar kesehatan atau sosial budaya tetapi juga dalam stabilitas pertahanan ekonomi dan nasional.

Karena itu, pentingnya bagi negara – negara Asean untuk mengkolaborasikan upaya komprehensif dengan memperluas kerja sama melalui pertukaran informasi, bantuan medis, serta kebijakan dan regulasi lunak. “Setiap negara membutuhkan bantuan dari negara lain bahkan untuk negara maju seperti Cina dan AS. Tidak ada negara yang bisa menangani situasi ini sendirian,” terang Marsda TNI Donny Ermawan.

Menurutnya, Indonesia berkomitmen untuk selalu bekerja sama dengan negara lain terutama negara anggota Asean untuk menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. Kerja sama tersebut sangat penting untuk mengurangi virus dan efeknya, dengan menempatkan pandemik Covid-19 ini sebagai pelajaran untuk ancaman bersama di masa depan yang tidak dapat diprediksi dan tidak dapat diukur.

Saat ini, Asean sebagai organisasi kerjasama regional saatnya untuk membuktikan hubungan yang kuat diantara negara – negara anggota Asean, terutama atas nama kemanusiaan. Melalui kerjasama dan upaya bersama yang kuat, tentunya akan membawa keamanan, stabilitas dan kemakmuran bagi masing-masing negara anggota Asean.

Turut mendampingi Sekjen Kemhan RI dalam pertemuan virtual ADSOM, antara lain Dirjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason, M.A., Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI I Putu Eka AP, M.Si (Han) dan Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan Laksma TNI dr. Arie Zakaria, Sp.OT. (ARMAN R)