Rabu, 15 Juli 2020 | 08:33:50 WIB

Jaga Kebugaran Fisik, Prajurit Lantamal X Jayapura Laksanakan Renang Laut Dan Menyelam

Rabu, 3 Juni 2020 | 17:18 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Olah raga perairan. Ya..itulah salah satu cara jitu yang dilakukan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, untuk mengembalikan kebugaran fisik dan mengatasi kejenuhan bagi prajuritnya. Setelah lebih kurang selama 3 bulan masa tanggap darurat Covid-19 yang diberlakukan Permerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua dan Kota Jayapura, Selasa (2/6/20).

Renang laut dan menyelam menjadi pilihan Komandan Lantamal X dalam menterapi fisik dan mental prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal X Jayapura. Mengambil lokasi di dua tempat yang berbeda, kegiatan renang laut kali ini mengambil lokasi di pantai Tanjung Marina, Hamadi, Kota Jayapura, Papua.

Sebanyak 200 orang personel termasuk Komandan Lantamal (Danlantamal) X, Wakil (Wadan) Lantamal X serta para pejabat utama Mako Lantamal X mengawali renang laut dari bibir pantai menuju bui atau tanda batas dan berputar kembali ke tempat awal.

Dengan pengawalan tim penyelamat dan kesehatan Lantamal X, berbagai gaya berenang ditunjukan para prajurit Balin Jaladi Wetan, sesuai dengan kemampuan individual masing-masing, para personel silih berganti melahap lintasan yang berjarak 300 meter dengan kondisi arus laut yang tidak terlalu kencang. 

Sementara itu, untuk olah raga menyelam, dipandu oleh PNS Rudy Evan, personel Dispotmar Lantamal X yang sudah mempunyai pengalaman dalam olah raga menyelam serta sertifikat menyelam, sebanyak 5 prajurit yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

Dengan menikmati keindahan bawah laut pantai Hamadi, dekat Pulau Mangga, tepat di belakang Mako Lantamal X, Kota Jayapura, para penyelam Lantamal X terpesona akan karunia Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang sangat elok dipandang tersebut.

Itu dapat terlihat di raut wajah para personel, saat setelah beberapa menit menyelami eksotisnya biota laut yang terkandung di Tanjung Suaja. 

Dengan wajah yang berseri, sembari melempar senyum kepada rekannya, para penyelam berbagi cerita seputar pengalaman selama berada di dalam laut, bagaimana merasakan adrenalin yang mengalir di dalam tubuh.

Selama kegiatan olah raga perairan yang dilakukan oleh prajurit Mako Lantamal X Jayapura, tetap memperhatikan prosedur keamanan dan keselamatan serta prosedur pencegahan Covid-19. (ARMAN R)