Sabtu, 11 Juli 2020 | 06:01:47 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Panen Semangka Bersama Warga Perbatasan Sota

Selasa, 2 Juni 2020 | 20:41 WIB

(Merauke). Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas)  RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, melaksanakan kegiatan panen buah Semangka, hasil kebun bersama warga masyarakat Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua.

 

Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., Selasa (2/6/2020) mengatakan bahwa di sela-sela tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG, personel Satgas juga mengembangkan potensi dalam bidang berkebun guna memanfaatkan lahan kosong sekitar pos.

 

Seperti yang dilakukan personel Pos Komando Utama (Kout) Sota, beberapa bulan lalu menaman buah Semangka, kini musim panen tiba hasilnya cukup melimpah yang mana sebagian dibagikan kepada warga dan sebagian dijual di Kota Merauke.

 

Dalam panen Semangka kali ini, Senin (1/6/2020) sore, delapan personel Pos Kout Sota yang dipimpin Patop Satgas Letda Ctp Firman Hadi Purnama, bersama warga binaan ikut memanen hasil kebun yang juga sebagai salah satu wadah untuk mempererat tali silaturahmi.

 

Tujuan dari berkebun ini juga sebagai salah satu cara untuk memotivasi masyarakat asli Papua di Kampung Sota agar semangat dalam berkebun memanfaatkan lahannya. “Tidak harus dilahan yang luas, karena jika diberdayakan secara maksimal, hasilnya bisa melimpah, serta dapat dijual untuk meningkatkan pendapatan,” kata Mayor Inf Rizki Aditya.

 

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan berkebun ini juga telah digalakkan oleh personel Pos Kout Sota dalam kegiatan Farmer Field Day atau Temu Tani yang bekerja sama dengan PT EWINDO pada bulan Desember 2019 lalu, yang digunakan sebagai media komsos Satgas dengan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan.

 

Di tempat terpisah, Wadansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, berkebun dilaksanakan selain mengisi waktu luang ditengah tugas juga sebagai salah satu usaha dalam ketahanan pangan. Dengan adanya lahan kosong yang masih luas menjadi peluang untuk membudidayakan tanaman sayuran atau buah untuk memotivasi masyarakat perbatasan.

 

“Kami berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan RI-PNG khususnya dalam bidang pertanian, seperti membantu warga berkebun, mengadakan Temu Tani dan juga memberikan motivasi dan contoh melalui kebun yang dimiliki Pos Kout Sota,” tuturnya.

 

Seperti komitmen sejak awal bertugas, kehadiran Satgas di tengah masyarakat untuk mempererat tali silaturahim, sehingga kemanunggalan TNI-rakyat selalu ada dan nyata. “Tidak hanya memanen buah, tetapi kita (Satgas) juga saling bertukar pikiran tentang wawasan dalam meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan harapan,” jelasnya.

 

Sementara itu, salah satu warga Martinus Ndiken (51 th) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang telah memberikan hasil panen buah Semangka kepada warga sekitar. “Kami berharap ketulusan dan keikhlasan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang semakin erat antara TNI dan masyarakat,” ucapnya. (Bdr)