Jumat, 07 Agustus 2020 | 04:17:57 WIB

Komandan Lanal Ketapang Hadiri Upacara Hut Ke-74 Bhayangkara Di Polres Ketapang

Jum'at, 3 Juli 2020 | 13:39 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-74 Bhayangkara, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab Bodro A, M. Tr. Hanla, mengikuti kegiatan sebagai tamu undangan Upacara Virtual dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-74 dengan tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif".

Upacara tersebut dilaksanakan, di ruang aula Polres Ketapang Jl. Brigjend Katamso No. 1, kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono, SIK, MH, Rabu (1/7/20).

Kegiatan tersebut dihadiri juga Bupati Kabupaten Ketapang Martin Rantan, S.H, M. Sos, Dandim1203/Ketapang Letkol Kav. Jami'an SIP, Ketua DPRD Kab. Ketapang M. Febriadi, S. Sos, M. SI,Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang Dharma Bella Tymbaz, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Ketapang Samuel Ginting, SH., M.H, Kepala Kemenag Kabupaten Ketapang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 30 para undangan.

Acara kegiatan di awali dengan upacara secara Live yang dipimpin secara langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada seluruh jajaran Polres Se Indonesia melalui Video Converence (Vicon). 

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Kabupaten juga memberikan kata sambutan Peringatan hari Bhayangkara terkait erat dengan perjalanan sejarah Polri melalui terbitnya penetapan pemerintah nomor 11 tahun 1946. Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen Kepolisian ke dalam satu institusi Kepolisian yang bersifat Nasional. Kami bersyukur sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen Bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Menyikapi perkembangan situasi saat ini terkait pencegahan covid-19 bahwa pemerintah telah memberlakukan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Berkaitan dengan kebijakan pemerintah tersebut maka secara selaras Polri mencabut pemberlakuan maklumat Kapolri nomor MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19) dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Namun demikian segala bentuk kegiatan harus tetap mematuhi protokol kesehatan termasuk acara syukuran hari ini juga tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Dalam rangka mendukung program New normal tersebut pemerintah telah menetapkan 9 (sembilan) sektor ekonomi yang dapat beroperasi secara terbatas antara lain sektor pertambangan, sektor perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi. 

Dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah tersebut maka Polri bersama TNI serta elemen masyarakat secara sinergi tetap konsisten melakukan pengawasan dan pendisiplinan serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan sehari-hari.

Dalam acara tersebut Bupati Ketapang memberikan penyampaian Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kita pada hari ini secara bersama-sama masih bisa merayakan hari Bhayangkara ke-74 khususnya di Polres Ketapang. Kami berharap kedepan Polres Ketapang akan tetap menjadi rekan kerja bagi Pemerintah kabupaten Ketapang agar nantinya Pemerintahan kabupaten Ketapang semakin mantap dan mapan.

Disela-sela acara Komandan Lanal Ketapang berserta perwira staff memberikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun Kepolisian Republik Indonesia serta memberikan kado hadiah kue ulang tahun yang Ke-74. (ARMAN R)