Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:48:40 WIB

Danlantamal XII Pontianak Hadiri Rapat Evaluasi Komando Tugas Gabungan Penanganan PMI Wilayah Kalbar

Sabtu, 4 Juli 2020 | 19:11 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi, menghadiri acara Rapat Evaluasi Komando Tugas Gabungan Terpadu dalam Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Rapat tersebut digelar di Posko Covid -19 Provinsi Kalbar, Aula Khatulistiwa II Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Jalan Muhammad Sood No. 2, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalbar, Jumat (3/7/20)

Rapat Evaluasi Komando Tugas Gabungan Terpadu dalam Penanganan PMI Wilayah Provinsi Kalbar tersebut, dipimpin Pangdam XII/Tpr yang diikuti oleh unsur TNI Polri serta instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Pemulangan PMI di Provinsi Kalbar.  

Danlantamal XII Pontianak hadir dalam Rapat Evaluasi tersebut bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Angkutan Laut, yang didampingi oleh Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, selaku Koordinator Satgas Angkutan Laut Pemulangan PMI Provinsi Kalbar.

Dalam Rakor tersebut, Koordinator Satgas Angkutan Laut Pemulangan PMI yaitu Dansatrol Lantamal XII menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan Lantamal XII berdasarkan Surat Telegram Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang penanganan Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri, dimana Danlantamal XII selaku Dansatgas Angkutan Laut dan juga berdasarkan Surat Telegram Kasal dan Surat Telegram Pangkoarmada I tentang pemulangan PMI dari Malaysia, serta Keputusan Gubernur Kalbar tentang percepatan penanguulangan Covid 19 di Provinsi Kalbar.

Langkah awal yang diambil di dalam menindaklanjuti kegiatan ini adalah dengan mengadakan rapat pendahuluan, dimana hasil dari rapat tersebut dibentuk organisasi satuan tugas.  Untuk pengamanan bagian alur sungai dan pelabuhan diambil alih oleh Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), kemudian unsur Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalbar berkerjasama dengan KKP Kelas II Pontianak dan KSOP Pontianak, serta PT. Dharma Lautan Utama

Adapun mekanisme tentang pemulangan PMI di pelabuhan Dwikora Pontianak yang dilakukan dari Satgas Angkutan Laut. Pertama, PMI ditampung oleh Dinas Sosial (Dinsos) kemudian bergerak menuju pelabuhan Dwikora Pontianak setelah kedatangan PMI tersebut di data oleh anggota Lantamal XII kemudian dibantu oleh Dinsos.

Kemudian diabsen satu persatu untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh KKP Kelas II Pontianak berkerjasama dengan Dinkes Angkatan Laut. Apabila ditemukan PMI yang reaktif, maka PMI tersebut akan dirujuk ke rumah sakit yang telah ditentukan dalam hal ini adalah rumah sakit Soedarso. Apabila sehat, maka PMI tersebut diizinkan untuk naik ke Kapal Dharma Rucitra 9 menuju ke Pulau Jawa. (ARMAN R)