Sabtu, 19 September 2020 | 13:06:22 WIB

BIN, Unair Dan BNPB produksi Obat Covid-19

Minggu, 19 Juli 2020 | 11:23 WIB
  • (FOTO : BIN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Deputi bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) Dr. Wawan Hari Purwanto mengatakan, BIN memang diperintah Presiden untuk bergerak cepat dalam mengantasipasi dan menangani Covid-19. Hal ini dikarenakan BIN memiliki sarana dan prasarana tersebut, sehingga dapat meminimalisir kerugian.

“Presiden juga memerintahkan untuk bergerak lebih cepat menukik di sentral strategis, pergerakan dipercepat dengan para ahli virologi, termasuk kerjasama dengan universitas - universitas salah satunya UNAIR” ujar Dr. Wawan Hari Purwanto, Jumat (17/7/20). 

Obat Covid-19 saat ini lanjutnya, sudah diterapkan untuk pasien - pasien yang ada di klinik BIN. Selain itu di Secapa TNI dan hasilnya menunjukkan trend yang menggembirakan. Disamping menemukan obat ini, pihaknya sedang melakukan pengembangan vaksin. 

BIN juga melakukan literasi publik dan patroli di dunia maya, Media Sosial (Medsos) dan media online, untuk terus mencegah masifnya hoaks yang beredar. Selain itu juga melakukan kerjasama antar seluruh elemen di lapisan masyarakat, sehingga tidak banyak disalahgunakan terkait informasi yang beredar.

“Pada prinsipnya lembaga BIN tidak ingin menyesatkan masyarakat. Tugas BIN melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah tanah air Indonesia, jadi tidak perlu khawatir untuk datang ke BIN jika memang merasakan adanya gejala covid-19," jelas Wawan. 

BIN tambahnya, terus melakukan kerjasama lokal maupun internasional untuk mengantisipasi berbagai ancaman terutama yang berkaitan dengan perang biologis. Wabah yang ada secara global terus diantisipasi dengan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya pendukung lainnya, sehingga segala bentuk ancaman dapat diantisipasi.

Saat ini, obat Covid-19 yang diproduksi belum diperjual belikan dipasaran. Namun jika masyarakat membutuhkan untuk pengobatan Covid-19, bisa mendapatkannya di BIN, Unair dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sekarang menurutnya, BIN telah memiliki akun media resmi untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi secara langsung dengan BIN tanpa kendala ruang dan waktu. Pengobatan dilakukan oleh BIN diberikan secara gratis kepada masyarakat, dengan adanya kegiatan BIN tersebut masyarakat tidak perlu takut dan dipersilahkan untuk mengikuti kegiatan pengobatan tersebut.

“Masyarakat Indonesia tidak perlu takut menghadapi permasalahan pandemi Covid-19. Bersama-sama kita tangani pandemi Covid-19 dan BIN akan melakukan yang terbaik bagi masyarakat untuk menuntaskan pandemi Covid-19," ujarnya. (ARMAN R)