Kamis, 24 September 2020 | 17:48:51 WIB

Hari Bakti TNI AU ke-73, Lanud Sam Ratulangi Gelar Donor Darah

Kamis, 23 Juli 2020 | 11:46 WIB

Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-73, TNI Angkatan Udara menggelar donor darah yang diselenggarakan di Shelter Mako ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Manado, Sulut, Kamis (23/07/2020). 

 

Turut mendampingi Danlanud Sam Ratulangi, antara lain pejabat Kadisops Letkol Lek Marshal Lasut, Kadispers Letkol Adm Kubais Baraham, dan Ketua Panitia Mayor Kes Johny Gumansalangi.

 

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk dalam sambutan lisannya mengatakan bahwa bakti sosial Lanud Sam Ratulangi untuk mengantisipasi kekurangan suplai darah bagi masyarakat Sulawesi Utara di saat pandemi dewasa ini.

 

“Tergerak hati kami untuk membantu mencukupi kebutuhan akan darah di Sulawesi Utara. Selain itu, untuk menjalin integrasi yang baik diantara rekan-rekan Lanudal, Brimob, Angkasa Pura, Air Navigasi dan stake holder yang lainnya. Sehingga bersinergi dalam kegiatan yang terus berlanjut,” ujarnya.

 

Seperti yang telah disampaikan oleh Quality Manager Palang Merah Indonesia Provinsi Sulut, bahwa jalinan kerja sama ini telah berlangsung selama dua puluh tahun hingga sekarang. “Harapan kita bersama bahwa dari kegiatan bakti sosial, donor darah ini dapat meningkatkan empati dan tenggang-rasa kita bersama akan kebutuhan suplai darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Quality Manager Unit Transfusi Darah PMI Provinsi Sulut dr. Sonny Pasuhuk, M.Kes. mengatakan bahwa selama ini TNI dan Polri menjadi mitra setia dan terpercaya bagi PMI dalam rangka menjaga stok darah bagi kegiatan-kegiatan transfusi darah yang ada di Rumah Sakit.

 

“Kami berterimakasih sebab salah satu Rumah Sakit yang berada di Provinsi Sulawesi Utara adalah Rumah Sakit TNI Angkatan Udara yang telah memberikan kontribusi besar kegiatan-kegiatan donor darah yang difasilitasi oleh Karumkit dr. Ahmad Fauzi. Sejak dua puluh tahun lalu, kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti ini telah dimotori oleh TNI-Polri termasuk Angkatan Udara,” ungkapnya.

 

dr. Sonny Pasuhuk mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan kemanusiaan ini bersyukur dapat terselenggara walau dalam keadaan situasi tidak ideal karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Namun sekali lagi, dengan memperhatikan protokoler kesehatan, akan tetap lebih waspada.

 

“Masing-masing kita harus memiliki kesadaran untuk bagaimana kita menjaga diri. Dan dimulai dari cara pengisian formulir pendonor dengan jujur oleh calon pendonor. Kegiatan positif ini akan mengurangi  penyebaran Covid-19. Terima kasih kepada Danlanud serta seluruh jajarannya, serta masyarakat luas lainnya,” jelas dokter yang membawahi Unit Transfusi Darah PMI Prov. Sulut.

 

Kegiatan Donor Darah ini diikuti oleh anggota prajurit Lanud Sam Ratulangi. Tampak pula, GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai selaku pendonor. Dan satu regu Brimob Polda Sulut. Demikian pula, Lanudal Manado serta Airnav yang diwakili Yoga Wisnu selaku Kepala Unit Pelayanan Informasi Aeronautika AirNav Indonesia di Manado. Juga Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Lanud Sam Ratulangi Manado. (Pentak Sam Ratulangi)