Senin, 21 September 2020 | 12:32:27 WIB

Lantamal VIII Ikut Panen Raya Di Tingkat TNI AL Melalui Vicon

Rabu, 5 Agustus 2020 | 14:06 WIB

Manado 5 Agustus 2020,.... Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII mengikuti Panen Raya di Tingkat TNI AL. Kegiatan panen Raya Tingkat TNI AL yang bertemakan "Ketahanan Pangan Kuat Masyarakat Sejahtera" tersebut langsung di Pimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., langsung dari Tanjung Pasir, Tangerang Banten. Rabu (5/8).

Sebelum pelaksanaan panen raya tingkat TNI AL, Kasal berkesempatan melakukan dialog interaktiv melalui Video Converence (Vicon) dengan seluruh jajaran  TNI AL mulai dari tingkat Lantamal sampai dengan Lanal, setelah itu dilanjutkan dengan peresmian Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL ditandai dengan penyematan badge lengan kepada perwakilan prajurit TNI AL dan dilanjutkan dengan kegiatan panen raya secara serempak di seluruh jajaran TNI AL.

Di Lantamal VIII sendiri pelaksanaan panen langsung dipimpin Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas bersama Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Rita Donar Rompas. Adapun tanaman yang dipanen antara lain jagung, ketimun, semangka, terong dan kacang panjang.

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa tanaman yang dipanen ini berada di lahan ketahanan pangan Lantamal VIII yang dikelola langsung seluruh personel Lantamal VIII mulai dari militer dan Pegawai Negeri Sipil serta ibu-ibu Jalasenastri. Lahan seluas satu hektar tersebut ditanami berbagai macam tanaman diantaranya jagung, ubi jalar, semangka, ketimun, kacang panjang, pokcay, sawi putih, bunga kol, cabe, bawang dan tomat.

Beberapa tanaman di lahan tersebut sebelumnya sudah pernah dipanen dan hasilnya dibagikan kepada seluruh personel Lantamal VIII dan masyarakat sekitar Markas Komando Lantamal VIII. Tanaman yang ada di lahan ketahanan pangan Lantamal VIII ini, waktu tanamnya berbeda-beda sehingga waktu panenpun bisa dilaksanakan beberapa kali seperti yang kita laksanakan saat ini, hasilnyapun akan dibagikan kepada seluruh personel Lantamal VIII dan masyarakat sekitar secara gratis, ujar Danlantamal VIII.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal VIII, Pejabat Utama Lantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII, Wakil Ketua dan Pengurus Korcab VIII DJA II serta diikuti seluruh personel Lantamal VIII.