Senin, 21 September 2020 | 14:13:18 WIB

Dukung Program Ketahanan Pangan, TNI AL Canangkan “Kampung Bahari Nusantara”

Rabu, 5 Agustus 2020 | 18:18 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) secara aktif mendukung program pemerintah dalam rangka menyukseskan ketahanan pangan menghadapi Pandemi Covid-19.

Dukungan nyata TNI AL diaplikasikan melalui panen raya dan penaburan benih ikan sekaligus pencanangan “Kampung Bahari Nusantara” oleh Kepala Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, di Tanjung Pasir, Tangerang, Propinsi Banten, Rabu (5/8/20). 

Pelaksanaan panen raya yang disertai dengan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berupa bantuan sembako kepada masyarakat tersebut, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemimpin Angkatan Laut kepada prajurit TNI AL serta warga sekitar, agar tercipta hubungan yang baik, dan terjalin rasa kebersamaan secara langsung dengan prajuritnya.  

Kasal dalam sambutannya, mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap sendi kehidupan manusia. Salah satu dampak yang dirasakan saat ini adalah sektor pangan.

Situasi ini menurutnya, merupakan implikasi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berimbas pada distribusi pangan ke daerah-daerah di Indonesia. Situasi dan kondisi sulit ini, jangan dijadikan halangan bagi kita untuk tetap bekerja guna menciptakan inovasi-inovasi baru bagi perkembangan TNI AL. 

“Saya mengapresiasi upaya-upaya yang diselenggarakan prajurit Lantamal III Jakarta yang telah menyusun serta melaksanakan program ketahanan pangan, sehingga hari ini kita bisa melihat hasilnya dan ikut bersama melaksanakan panen raya,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Sebelum pelaksanaan panen raya dan pencanangan Kampung Bahari Nusantara, telah dilaksanakan pula peresmian pembentukan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang akan bekerja sama dan bersinergi dengan Babinsa serta Babinkamtibnas untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat di wilayah pesisir dan perbatasan. 

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga melaksanakan Video Conference (Vicon) interaktif dengan perwakilan Kotama TNI AL se-Indonesia, dilanjutkan dengan panen raya dan tabur benih ikan bandeng serta penanaman pohon cemara laut.  

Seusai panen raya, Kasal menyaksikan pemanfaatan lahan oleh Satuan Kerja (Satker) – Satker, diantaranya penanaman sayur, buah, tanaman toga, dan pembibitan, dengan menggunakan medio tanah maupun hidroponik serta diakhiri dengan meninjau langsung stand hasil ketahanan pangan dari Lanal - Lanal dan UMKM. 

Turut hadir dalam acara tersebut. diantaranya para Asisten Kasal, Pangkoarmada I, Dankormar, para Kadis di lingkungan Mabesal, Danlantamal III dan para undangan terkait. (ARMAN R)