Rabu, 21 Oktober 2020 | 13:51:03 WIB

Hut Kemerdekaan Ke-75 RI, CEO Indonesia Dan Seknas Jokowi Berbagi Sembako Kepada Masyarakat Jakarta

Jum'at, 21 Agustus 2020 | 17:42 WIB
  • (FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka memperingati Hut Ke- 75 Republik Indonesia (RI), Yayasan Global CEO Indonesia bekerjasama dengan Seknas Jokowi, Solmet Brotherhood, Jokowi Bara, GK Center, Pertiwi Indonesia, dan Sponsor anggota CEO Indonesia, mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Berbagi Sembako, yang akan dibagikan kepada warga DKI Jakarta yang berhak, Kamis (20/8/20).

Hadir dalam pembagian sembako tersebut, antara lain Ketua Dewan Pembina CEO Indonesia Dewi Motik, Ketua Umum (Ketum) Yayasan Global CEO Indonesia Trisya Suherman, S.E., CWC., Dipl. Cidesco, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Seknas Jokowi Dedy Mawardi, SH, dan Bendahara Seknas Jokowi, Isma.

Ketum Yayasan Global CEO Indonesia Trisya Suherman, S.E., CWC., Dipl. Cidesco kepada Lindo di sekretariat Seknas, Jalan Cirebon No. 21, Menteng, Jakarta Pusat, mengatakan, pihaknya berbagi sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, yang sembako tersebut dikoordinasikan dengan Seknas Jokowi dan para sponsor anggota CEO Indonesia, yang dibantu distribusinya oleh Seknas Jokowi.

"Total 10 ribu paket sembako untuk edisi Agustus 2020, tapi yang kami bagikan ke Relawan yang dikoordinasikan Seknas Jokowi ada lima ribu paket. distribusi lima ribu paket sembakonya kami percayakan ke Seknas Jokowi. harapannya, bantuan sembako ini bisa membantu dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan," terang Icha sapaan akrab Trisya Suherman.

Untuk CEO Indonesia lanjut Icha, sejak April 2020 CEO sudah melakukan kegiatan Baksos pembagian Sembako ke masyarakat. Selain itu, CEO Indonesia juga melakuan kegiatan Penyemprotan disinfektan di Pasar Jaya dan Stasiun Kereta wilayah Jabodetabek.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Seknas Jokowi Dedy Mawardi, SH mengatakan, Seknas Jokowi menyampaikan terima kasih kepada CEO Indonesia dan unsur terkait lainnya, karena Seknas Jokowi  dipercaya untuk mendistribusikan atau menyalurkan lima ribu paket sembako kepada masyarakat DKI Jakarta yang membutuhkan.

"Seknas Jokowi juga sudah sering komunikasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan pihak Istana untuk membagikan paket sembako ini selama Pandemi Covid 19. Sudah ada 15 ribu paket sembako sudah kami kirim ke seluruh DKI Jakarta dan Pulau Jawa, seperti Banten, Jabar, Jateng dan wilayah lainnya mulai Maret 2020," ujar Dedy Mawardi. 

Ia menjelaskan, Seknas Jokowi sudah terbiasa mendistribusikan bantuan sembako. Bantuan paket sembako ini akan didistribusikan ke sejumlah Komunitas yang sudah terdaftar datanya di Seknas Jokowi.

"Komunitas ini akan datang ke Sekretariat Seknas Jokowi untuk menerima paket sembako. Ada 12 Komunitas komunitas, seperti antara lain Komunitas Difabel, Komunitas Ojek Online (Ojol), pedagang kecil, ibu rumah tangga, dan Komunitas pembantu rumah tangga," terang Dedy.

Disamping itu tambahnya, Seknas Jokowi juga membantu masyarakat kecil, khususnya masyarakat yang mempunyai usaha kecil, seperti pedagang kecil, dengan memfasilitasi para pedagang kecil untuk mendapatkan modal usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM.

"Para pedagang kecil akan mendapat bantuan modal dari pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp 2,4 juta per pedagang 
kecil. Kami yang mendaftarkan dan menyerahkan data 1200 pedagang kecil ke Dinas Koperasi DKI Jakarta, lalu diteruskan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan bantuan modal usaha," jelas Dedy. 

Rencana tambah Dedy, bantuan modal usaha tersebut akan direalisasikan pada awal September 2020.  Uangnya disalurkan ke bank dan pihak bank lah yang akan memanggil pedagang kecil untuk menerima buku tabungan, supaya pedagang punya rekening bank. 

"Ini adalah program Presiden Jokowi melalui kementerian Koperasi dan UKM, untuk membantu pelaku usaha mikro," katanya. (ARMAN R)