Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:01:25 WIB

PKPI Putuskan Bergabung ke Koalisi Usman-Basam, Bahrain Batal Bertarung

Jum'at, 4 September 2020 | 22:25 WIB
  • (Foto: TeropongMalut/Lindo)

HALSEL, LINDO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) secara resmi membuka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Halsel Usman-Basam yang pertama-tama resmi mendaftarkan diri ke KPU Halsel.

Namun dalam proses pendaftaran Paslon Usman-Basam, awak media dikagetkan dengan kehadiran Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Maluku Utara Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Maskur Ibrahim yang turut serta ikut mendampingi rombongan Usman-Basam.

Saat dikonfirmasi awak media Jumat, (04/09/2020) siang, di depan Kantor KPU Halsel, Maskur menuturkan bahwa, PKPI tetap ikut dalam Pemilukada Halsel meski sudah dipastikan Bahrain Kasuba tidak akan mencalonkan diri.

“PKPI sudah memutuskan untuk berkoalisi dengan Paslon Usman Basam, dan itu sudah dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) B.1-KWK, dengan pertimbangan data survei yang menyatakan pasangan Usman-Bassam akan memenangkan Pilkada Halmahera Selatan dengan keputusan yang diambil Dewan Pimpinan Nasional (DPN) untuk berkoalisi dengan Usman-Basam. Maka dari itu, saya sudah instruksi ke seluruh kader PKPI Halsel wajib mengikutinya,” tuturnya.

PKPI Halsel dengan perolehan dua kursi di DPRD saat memutuskan berkoalisi dengan Usman-Basam maka, jumlah partai koalisi pasangan calon ini, sebagai partai politik PKPI bersikap alihkan dukungan agar dapat mengikuti hajatan demokrasi bersama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Usman-Bassam pada 9 Desember mendatang.

"Kami sudah putuskan berkoalisi dengan Usman-Basam. PKPI bersikap alihkan dukungan agar dapat mengikuti hajatan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 memdatang," katanya.

Kalau dilihat dari persyaratan calon di Pilkada Halsel, maka bisa dipastikan Petahana Bahrain Kasuba tidak bisa mengikuti pertarungan Pilkada Halmahera Selatan Periode 2021-2026 nanti.

Sementara itu, dikonfirmasi soal isu perombakan Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Halsel yang saat ini dijabat oleh Bahrain Kasuba, Maskur mengaku ia belum mengetahuinya.

"Saya belum dapat kabar soal pergantian ketua dan sekretaris DPK PKPI Halsel yang saat ini dijabat oleh Bupati Bahrain. Nanti saja lah," ujarnya.

TM/ACIL