Selasa, 20 Oktober 2020 | 06:59:59 WIB

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 Sampaikan Summary Executive Pada FS II Dan KKDN

Minggu, 20 September 2020 | 18:18 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando  Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA 2020 menyampaikan Summary Executive pada Forum Strategi (FS) II dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) selama tiga hari, yaitu16 - 18 September 2020 secara Video Conference (Vicon), di Amphiteater Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan. 

Pelaksanaan FS II dan KKDN tahun ini ke empat wilayah sasaran Selat Malaka, Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, II dan III, meliputi Provinsi Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. 

FS II dan KKDN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan dengan peninjauan langsung ke wilayah tersebut, dikarenakan pandemi Covid-19 maka dilaksanakan melalui Vicon. Tapi tanpa mengurangi maksud dan tujuan, FS II dan KKDN, pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan baik.

Pada hari pertama (16/9/20) Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si (Han)., CHRMP., bersama Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020., melaksanakan Vicon dengan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung, perwakilan dari Seskoal Kakoordos Seskoal Laksma TNI Bambang Pramusintho, M.A.,Dipl War College., didampingi Kapusjiamar Seskoal Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si (Han). Ketua Jurusan Lampung Mayor Laut (P) Rayindra Asmara menyampaikan Executive Summary atau hasil kegiatan FS II dan KKDN Wilayah Lampung.

Vicon hari kedua (17/9/20) Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 bersama Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si (Han)., CHRMP., dengan Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili Sekda Kalimantan Timur Ir. H. Muhammad Sa’bani, M.Sc. Penyampaian Executive Summary FS II dan KKDN Wilayah Kalimantan Timur oleh Ketua Jurusan Mayor Laut (P) Lutfi Andriansyah, S.T.

Masih pada hari yang sama dilanjutkan dengan Vicon Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020 didampingi Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., bersama Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumatera Utara Drs. H.Mhd Fitriyus, S.H., M.SP. Executive Summary FS II dan KKDN Wilayah Sumatera Utara disampaikan oleh Ketua Jurusan Mayor Laut (P) Daris Hardian.

Pada Jumat (18/9/20) dilanjutkan Vicon Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) bersama Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 dengan Gubernur Provinsi Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Selanjutnya penyampaian Executive Summary FS II dan KKDN Wilayah Kalimantan Barat oleh Mayor Laut (P) Avif Hidayaturahman, S.T.

Kadepstra Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono sebagai penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, Executive Summary yang telah disampaikan tersebut merupakan sumbang saran dan masukan kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam membangun potensi Sumber Daya Nasionalnya yang didapatkan dari rangkuman Naskah FS II tentang konsep pengembangan Sumber Daya Nasional di Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka pertahanan wilayah guna mendukung pertahanan Negara dilaut sebagai hasil dari kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan oleh para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 selama pelaksanaan kegiatan FS II dan KKDN. (ARMAN R)