Minggu, 28 Februari 2021 | 10:06:21 WIB

Danjen Akademi TNI Buka Pendidikan Dasar Integratif Tahap-II Prajurit Taruna Tingkat-1 Tahun Pendidikan 2020/2021

Selasa, 1 Desember 2020 | 14:19 WIB

Komandan Jenderal Akademi TNI Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E., membuka pendidikan dasar Integratif tahap II Prajurit Taruna Tingkat I Akademi TNI Tahun pendidikan 2020/2021, di lapangan Taruna Bhakti, Resimen candradimuka Akademi TNI, Magelang, Senin (30/11/2020).

 

Dalam amanatnya Danjen Akademi TNI menyampaikan, Akademi TNI adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI, dengan tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pertama perwira TNI yang bersumber dari Taruna Akademi TNI dari matra darat, laut dan udara, yang bersifat integratif dalam rangka menyiapkan kader Pimpinan TNI.

 

Adapun tugas yang dilaksanakan adalah menyelenggarakan pendidikan integratif Taruna Tingkat-1 Akademi TNI. Pendidikan Integratif Taruna Tingkat-1 Akademi TNI merupakan pendidikan dasar tahap awal dari bagian pendidikan Pertama Perwira TNI, dengan tujuan untuk membentuk, menanamkan dan menumbuh-kembangkan sikap, semangat dan jiwa keparjuritan bagi calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI.

 

“Mengingat mereka sebelumnya adalah masyarakat sipil. Pendidikan Dasar integratif dilaksanakan selama 6 bulan yang dibagi dalam 2 tahap di Menchandra Akademi TNI, Magelang,” ujarnya.

 

Pendidikan integratif tahap-1 Taruna Akademi TNI diikuti oleh 672 Calon Prajurit Taruna atau Capratar (Taruna Darat 425 orang, Taruna Laut 230 orang dan Taruna Udara 117) dan dilaksanakan bersama dengan Calon Bhayangkara Taruna Akpol sebanyak 251 orang, sehingga pendidikan tersebut dinamakan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol Tp. 2020/2021.

 

Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun 2020 ini  adalah pelaksanaan pendidikan yang keenam dalam satu wadah lembaga pendidikan yang sama, yaitu di Menchandra Akademi TNI yang dibuka pada tanggal  1 September 2020. Adapun maksud dan tujuan dari pendidikan dasar kemitraan ini adalah untuk membangun dan mewujudkan sinergitas dan soliditas bagi calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang.

 

Pendidikan dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol pada tanggal 27 November 2020 yang lalu telah selesai dan ditutup melalui upacara Wisuda Prajurit dan Bhayangkara Taruna Akademi TNI dan Akpol (Wisuda Prabhatar) dengan Inspektur Upacara Panglima TNI secara virtual melalui vicon di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

 

Setelah pendidikan dasar integrasi kemitraan selesai, selanjutnya sebanyak 251 Taruna Akpol akan diserahkan kepada Gubernur Akpol guna mengikuti pendidikan lanjutan di Akpol Semarang. Sedangkan Prajurit Taruna Akademi TNI akan mengikuti pendidikan lanjutan tahap ke-2 selama 3 bulan kedepan di Menchandra Akademi TNI.

 

Pendidikan integratif tahap-2 ini diikuti oleh 672 Taruna Tingkat-1 Akademi TNI dan akan berlangsung selama 3 bulan kedepan. Setelah pendidikan integratif tahap-2 selesai dan para Taruna dinyatakan lulus serta dilantik menjadi Kopral Taruna, selanjutnya para Taruna Akademi TNI akan diserahkan ke Akademi Angkatan masing-masing guna melanjutkan pendidikan kematraan di  Akmil, AAL dan AAU  selama 3.5 tahun hingga Taruna dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua. (Ahm)