Senin, 25 Oktober 2021 | 23:50:32 WIB

31 Desember 2020, Catatan Anak Kampong Dari Kabupaten Halmahera Timur

Kamis, 31 Desember 2020 | 15:15 WIB
  • Ilustrasi - Anak kampung sedang membuat kopra dari kelapa. (Foto: Ist/Lindo)

LINDO - Pada penghujung tahun 2020, banyak cerita tentang tahun-tahun sebelumnya. Bisa di katakan untuk di Kabupaten Halmahera Timur ceritanya dari Tahun 2003.

Sebelum masuk pada tahun 2021, ini adalah catatan di tahun 2020 bahwa ada banyak hal yang belum terlunasi pada kemajuan daerah ini dari beberapa tahun sebelumnya.

Catatan untuk di Tahun 2021 adalah kemajuan daerah dari sisi Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Infrasuktur dan Telekomonikasi.

Pada bidang Pendidikan : Ada sebagian Sekolah yang Fasilitasnya belum terlalu memadai, ada sebagian sekolah yang tenaga pendidiknya belum terpenuhi. Ada sebagian Anak sekolah yang pergi Ke Sekolah harus Berjalan Kaki. Ini Fakta Bukan Mitos.

Pada Bidang Kesehatan : Sebagian Besar Puskesmas yang berada pada setiap kecamatan belum terpenuhi semua Fasilitas Penunjang, Tenaga Medis, obat-obatan. Fasilitas Kesehatan ini Penting untuk Melayani Masyarakat

Untuk pada Bidang Ekonomi mungkin saya menulis pada peningkatan Ekonomi Petani Kopra, Peningkatan Ekonomi Petani Kopra pada ruang Lingkungan. Lagi dan Lagi tentang Normalisasi Muara sungai yang ada pada Perkebunan Petani Masyarakat Nusa jaya, Ekor, Ekorino dan Inojaya.

Untuk Infrasturktur Pembangunan pada Jalan.. secara umum Jalan menjadi prioritas aktifitas setiap Masyarakat, Pada Beberapa Kecamatan dan Beberapa Jalan Menuju Desa yang sampai saat ini bisa di Katakan Belum Merdeka.

Pembangunan Untuk Tempat Ibadah, Masjid dan Gereja. Menjadi Catatan, untuk Pembangunan  Gereja tidak terlalu ada Perhatian Khusus. sehingga sebagian besar Gereja belum bisa terselesaikan. Ini Kenyataan Bukan Khayalan

Telekomonikasi menjadi sumber informasi dari seluruh masyarakat, Namun setelah mendeka indonesia sampai pada Mekarnya Halmahera Timur, masih ada sebagian Besar Masyarakat yang belum merasakan Sedang duduk santai diteras Rumah sambil membaca Informasi di Media Sosial. Sebagian masyarakat belum Rasakan Kenikmatan itu

Pada catatan di Tahun 2020, ada Persoalan Agraria.

Semoga tulisan di Tahun 2020 ini menjadi Catatan untuk bisa dilunasi Pada tahun yang Akan datang.
Selamat Menyongsong Tahun Baru

Penulis : Exel Chapu Tera