Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:15:57 WIB

Cecilia Icha : Jadi Sekretaris Harus Cepat, Tepat Dan Teliti Dalam Bekerja

Senin, 18 Januari 2021 | 18:00 WIB
  • Cecilia Icha. (FOTO : ISTIMEWA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Belasan tahun menjadi Sekretaris Direktur dari perusahaan satu ke perusahaan lain, Cecilia Icha sukses menjalani karir sebagai Sekretaris Direktur perusahaan swasta.

Cecilia memulai pengalaman sebagai Sekretaris Direktur Utama perusahaan Swasta dimulai pada tahun 2012 di PT Gatra Mas Oil and Gas selama dua tahun. Lalu ia pindah menjadi sekretaris Direktur Utama PT Atlas Pacific International dan bekerja selama dua tahun juga di perusahaan tersebut.

Kemudian ia pindah ke perusahaan yang bergerak dibidang Pariwisata sebagai Sekretaris Direktur Utama selama tiga bulan.

"Saya hanya bekerja tiga bulan sebagai sekretaris Direktur di perusahaan bidang pariwisata karena perusahaan tersebut bangkrut akibat dampak Pandemi Covid-19," kata Cecilia Icha kepada Lindo dalam bincang santainya di Hotel Santika Premiere, Hayam Wuruk, Jakarta, Minggu (17/1/21).

Tidak lama kemudian, ia pindah bekerja menjadi Sekretaris Direktur Utama PT Cakrawala Tujuh Rezeki, perusahaan yang bergerak dibidang konsultan bisnis software selama 7 bulan.

Dan saat ini, Cecilia bekerja sebagai Sekretaris Direktur Utama (Dirut) PT Zyrexindo Mandiri Buana yang notabene perusahaan anak bangsa atau yang lebih dikenal dengan brand Zyrex merupakan sebuah perusahaan komputer asal Indonesia yang didirikan oleh Timothy Siddiq. 

Zyrex merancang, memproduksi, mendistribusikan dan melayani sistem komputer di Indonesia. Zyrex mendistribusikan produk dan melayani pelanggannya dengan jaringan lebih dari 50 lokasi penjualan dan 45 tempat servis seluruh Indonesia. Saat ini Zyrex tidak hanya memproduksi laptop dan komputer saja, tetapi juga handphone, power bank dan yang lainnya.

Selain menjadi Sekretaris Dirut PT Zyrexindo Mandiri Buana, Cecilia juga merangkap sebagai Marcom (Marketing Communication).

"Bagi saya, sebagai sekretaris harus cepat, tepat dan teliti dalam bekerja. Kadang bos maunya A berubah maunya jadi B. Sekretaris itu menjadi "tumpahan" pekerjaan dari beberapa divisi, semua tanda tangan numpuk di meja sekretaris, kita harus croscek satu per satu, dari tanggalnya di surat atau dokumen apakah sudah benar, dan sudah itu buat apa, dan urusan lainnya," ungkap ibu berputri satu ini.

Menurutnya, Sekretaris perlu ditunjang dengan bidang lainnya, seperti Publik Relation (PR), maka jika saat pimpinan perusahaan tidak bisa hadir atau tidak mau tampil, maka sekretaris lah yang mewakilkan perkataan dari perwakilan pimpinan perusahaan. 

"Isi setengah otaknya pimpinan perusahaan ada di sekretaris, baik sebagai pengingat Direktur, membuat
surat - surat. Karena sekretaris digaji pimpinan untuk karya kita sebagai sekretaris ke pimpinan," ujar Cecilia.

Apalagi pada Selasa Siang pada 19 Januari 2021, Cecilia disibukkan dengan persiapan acara Konferensi Pers Zyrek yaitu "SiswaTOP" (Satu Siswa Satu Latop) secara online melalui Zoom meeting, diantaranya ia sibuk menghubungi dan mengundang wartawan untuk acara tersebut.

Cecilia Icha adalah alumni mahasiswa Universitas Budi Luhur. Ia mengambil D3 dan S1 Manajemen Informatika di Budi Luhur. Lalu ia melanjutkan S2 jurusan Publik Relations, juga di Universitas Budi Luhur.

Disamping itu, Cecilia mempunyai talenta sebagai model dan pemain film Lebar. Semasa kuliah, Cecilia aktif jadi model Cover majalah Kawanku, Gadis, Liberty, dan majalah remaja lainnya. Ia juga pada awal Pandemi Covid-19, pernah menjadi model iklan layanan masyarakat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait iklan Sosialisasi Covid-19.

Selain itu, Cecilia sempat main film dengan Aktor Vino G Sebastian, lalu di SCTV syuting stripping Reality Show  450 episode "Seger Bener, Bener - bener Seger" selama dua tahun bersama Eko Patrio dan Anita Tahara,.

Saat ini, Cecilia juga ditawari produser film tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), namun ia belum memberikan jawaban karena kesibukan sebagai sekretaris perusahaan. (ARMAN R)