Senin, 08 Maret 2021 | 01:25:13 WIB

Babinsa Koramil 01/Menteng Ikut Panen Urban Farming

Selasa, 19 Januari 2021 | 17:37 WIB
  • (FOTO : KODIM0501/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Babinsa Kelurahan Menteng Sertu Suyitno bersama ibu PKK Kelompok Tani Gang Hijau, RT 09/RW 02, melaksankan kegiatan Panen Urban Farming, di Jalan Anyer, Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/21).

Lokasi sepanjang hampir 100 meter ini semula kosong tanpa dimanfaatkan malah terkadang dijadikan tempat membuang sampah oleh orang yang melintas oleh RT 003 ini, disulap menjadi lahan bermanfaat.

Ketua RT 003/RW 002 ibu Cindy melihat peluang tersebut kemudian, ia menggerakan warga untuk memanfaatkan lokasi tersebut menjadi lahan Urban Farming, dengan menaman sayuran,serta buah-bahan seperti buah Mangga, kedondong dan untuk selebihnya tanaman hias untuk mempercantik lokasi tersebut.

Tidak sia-sia inisiatif ini mulai mendatangkan hasil  buat warga.Tanaman Urban Farming yang di tanam selama satu bulan bisa dipanen dengan hasil yang cukup memuaskan.

Di tempat terpisah, Komandan Koramil (Danramil) 01/Menteng Kodim 0501/Jakarta Pusat (JP) BS Mayor Inf Endra Krismanto Spd, mengungkapkan, Urban farming menjadi salah satu solusi dalam ikut menjamin ketahanan pangan wilayah perkotaan.

"Selain turut menjamin aspek ketahanan pangan kawasan perkotaan, Urban farming juga ikut menciptakan ruang-ruang terbuka hijau, yang memang sangat dibutuhkan bagi kesehatan lingkungan kawasan perkotaan,” kata Mayor Inf Endra Krismanto.

Panen Urban Farming di Jalan Anyer, Kelurahan Menteng, dihadiri Tiga Pilar sebagai berikut, Sekcam Menteng bapak Agus,Babinsa Sertu Suyitno, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)Kelurahan Menteng ibu Nora Diana, RT, RW, FKDM dan warga masyarakat. (ARMAN R)