Selasa, 09 Maret 2021 | 10:16:56 WIB

Tegakkan Protokol Kesehatan, Prajurit Lantamal X Jayapura Ikuti Apel Gabungan Penerapan Disiplin

Sabtu, 23 Januari 2021 | 12:38 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Guna lebih mendisiplinkan masyarakat 
dimasa pademi covid-19, sebanyak 3 regu pasukan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, turut dalam Apel gabungan TNI-Polri dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, di Kota Jayapura, Papua, Jumat (22/1/21).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano, di pelataran Kantor Wali Kota Jayapura yang diikuti oleh pasukan gabungan TNI/Polri, Satpol PP dan para relawan.

Dalam arahannya, Wali Kota Jayapura menyampaikan, penegakan kedisiplinan covid-19 dilakukan secara humanis yang difokuskan di tempat-tempat keramaian umum, seperti pasar tradisional, mall, tempat ibadah serta tempat wisata agar masyarakat sadar dan disiplin sesuai edaran yang berlaku.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Jayapura Bapak Ningkeulla mengatakan, pendisiplinan ini akan terlebih dahulu diadakan sosialisasi protokol kesehatan dan ancaman denda bagi yang melanggar.

Menurutnya, pelanggaran disiplin tidak menggunakan masker akan dikenakan denda uang sebesar 50.000 rupiah. Dan bagi para pelaku usaha yang tidak mematuhi aturan jam operasional akan dikenakan denda sebesar 50 juta rupiah.

"Apabila bagi pelanggar yang tidak mampu membayar denda akan dikenakan sanksi mulai dari hukuman push up, sanksi sosial berupa membersihkan jalan protokol dan sanksi administrasi bagi pelaku usaha," ujar Ningkeulla. (ARMAN R)