Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:23:02 WIB

Lantamal X Jayapura Terima Audit Kinerja Inspektorat Koarmada III

Sabtu, 20 Februari 2021 | 16:16 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, menerima Tim Audit Kinerja Itkoarmada III. Tim yang berjumlah tujuh orang dipimpin langsung oleh Irkoarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto diterima oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho S.E.,M.M., beserta staf, di Mako Lantamal X Jayapura, Papua, Senin (15/2/21).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X, Danlantamal X mengatakan, paradigma pemerintahan saat Ini telah menempatkan bidang Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) pada posisi yang sangat strategis sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih (Clean Govermment) dan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

Ia juga berharap, hasil Wasrik oleh aparat pemeriksa internal maupun eksternal senantiasa di berlakukan sebagai alat kontrol dlam rangka memperbaiki kinerja organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.

"Pada hasil temuan Wasrik Itkoarmada IIl periode yang lalu telah kita tindak lanjuti secara maksimal sesuai aksi temuan yang didapat," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Dalam audit ini, Laksma Yeheskiel memerintahkan kepada seluruh staf dan jajarannya untuk bekerja sama dan transparan dalam menyampaikan data dan informasi yang dibutuhkan Tim Audit.

"Sampaikan pula kekurangan - kekurangan kita sebagai pengawak organisasi untuk lebih baik dan maju serta wujudkan komunikasi yang efektif," pinta Danlantamal.

Sementara itu, Ketua Tim Wasrik Itkoarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto mengatakan, Inspektorat Koarmada III selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan pengawasan melalui proses audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi organisasi di Satker jajaran Lantamal X dan jajarannya.

Ketua Tim juga mengajak untuk tetap menjalankan Protokol Kesehatan sesuai yang sudah sitekankan oleh pemerintah pusat dan pimpinan TNI Angkatan Laut terkait Wabah Global Virus Corona (Covid-19).   

"Maka pelaksanaan kegiatan audit kinerja dilaksanakan dengan aspek efisiensi, efektifitas dan ekonomis (3E) tetapi tetap menjaga ketaatan dan K
Kepatuhan (2K) terhadap ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku," ujar Laksma Hendri Suprianto.

Menurutnya, kegiatan audit internal ini juga merupakan kegiatan yang mengandung unsur pembinaan untuk Satker di jajaran Lantamal X terhadap ketentuan yang belum sepenuhnya dipahami serta dilaksanakan.

"Sekaligus tim akan memberikan arahan dan saran terhadap permasalahan yang dihadapi oleh obyek pengawasan agar dapat diupayakan solusi pemecahan secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja, sehingga dapat tercapai sesuai program yang telah ditetapkan," katanya.

Ia juga mengajak kepada jajaran Lantamal X dalam audit kinerja ini untuk mengembangkan pola keterbukaan dan komunikasi dialogis dengan azas edukatif dan kemitraan, agar saling mendapatkan informasi dan masukan yang obyektif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja Lantamal X dan jajarannya.

"Pada hakekatnya audit kinerja mengandung tiga makna strategis yang sangat berguna bagi Lantamal X beserta jajarannya di masa mendatang," tandasnya.

Kegiatan audit kinerja oleh Tim Itkoarmada III di Lantamal X ini akan dilaksanakan selama 11 hari, dari 15 samapai dengan 26 Februari 2021.

Turut hadir pada acara tersebut Ws. Wadan Lantamal X, para Asisten Danlantamal X, dan para Kasatker Lantamal X Jayapura. (ARMAN R)