Selasa, 22 Juni 2021 | 08:54:45 WIB

Satgas Banjir Seskoal Bantu Korban Banjir Di Ciracas Dan Ciledug

Minggu, 21 Februari 2021 | 21:16 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) mengirimkan Satuan Tugas (Satgas) Banjir guna membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir, di Jakarta, khususnya di Ciracas, Jakarta Timur dan Ciledug, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/21).

Satgas Banjir Seskoal yang dipimpin oleh Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Seskoal Letkol Marinir Jumino, M.Tr.Hanla., memberangkatkan tim I ke wilayah Ciracas, Jakarta Timur yang terdiri dari 15 personel, 1 perahu karet, 10 swempes, 2 dayung, 1 truk dan 1 ambulance, dengan Katim Kapten Laut (T) Sumardiyono. 

Tim II dengan Katim Lettu Laut (PM) Eksan diberangkatkan ke wilayah Ciledug Jakarta Selatan yang terdiri dari 14 personel, 1 perahu karet, 12 swempes, 2 dayung, 1 mesin @40 pk dan 1 truk. 

Setibanya di lokasi banjir, para Katim melaporkan, terdapat ratusan rumah warga di Ciracas dan Ciledug terendam banjir 1 meter sampai 1,5 meter, hal ini merupakan dampak dari tingginya curah hujan yang menyebabkan beberapa lokasi rumah penduduk di Ciracas dan Ciledug terendam air dan sebagian masih terisolir dikarenakan beberapa akses jalan menuju ke lokasi tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat.

Komandan Seskoal Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) dan Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny.Dewi Iwan Isnurwanto, berkesempatan meninjau langsung ke korban banjir yang merupakan salah satu personel Seskoal yaitu PNS Anita (Satker Denma Seskoal), di Ciracas Jakarta Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Seskoal dan Ketua CBS Jalasenastri Seskoal menyerahkan bantuan sosial berupa makanan instan, air bersih dan obat-obatan kepada korban banjir yang diterima secara simbolis oleh Lurah Ciracas Rikia Marwan dan Ketua RT 10/RW 03 Ciracas Suyanto. Bantuan sosial yang sama pula tersebut, juga langsung didistribusikan ke wilayah banjir di Ciledug.

Sementara itu, Komandan Seskoal menyampaikan, Satgas Banjir Seskoal yang dikerahkan merupakan bentuk perhatian serta kepedulian Seskoal kepada warga yang terdampak banjir khususnya personel Seskoal yang mengalami banjir di daerahnya. 

Pelaksanaan ini sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar kehadiran prajurit-prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), harus mempunyai dampak positif di tengah-tengah masyarakat di mana pun berada.

Komandan Seskoal juga mengapresiasi kinerja tim Satgas Banjir Seskoal di lapangan. "Kepada prajurit yang bertugas di lapangan, untuk tetap memberikan pelayanan bantuan secara maksimal kepada masyarakat korban banjir, laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu mengutamakan keselamatan selama bertugas," ujar Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto. (ARMAN R)