Selasa, 27 Juli 2021 | 00:32:39 WIB

Dandim 1512/Weda Hadiri pembukaan Festival MTU MYA di desa Mesa, Halteng

Rabu, 24 Februari 2021 | 18:49 WIB
  • Foto, pada saat Kegiatan berlangsung

LINDO Halteng - Dandim 1512 weda, Letkol Arm Budi stria.Sh menghadiri kegiatan Festival Mtu Mya, yang bertempat dimesa kecamatan weda timur kabupaten Halmahera tengah (Halteng) Maluku Utara (Malut) selasa (23/02/2021) kemarin, yang dibuka olah Bupati Halteng, Drs Edi Langkara.

 

Kegiatan Festival MTU MYA tersebut bertemakan, "Weda timur Bangkit, Halmahera tengah Maju" Selain ,Dandim 1512/Weda, Letkol Arm Budi stria.Sh. Bupati Edi Langkara MH dan wakil bupati Rahim Odeyani SH, hadir juga, Ketua DPRD Halteng, Sakir Hi Ahmad, Sekda Halteng Yanto M Asri, Mewakili Kapolres Halteng, kapos pol Weda Utara IPDA Gafur ibrahim, Para Staf Ahli Bupati, Para SKPD kabupaten Halteng, Camat Weda timur Amir Hasim,Para kepala Desa Se kecamatan Weda Timur, beserta peserta lomaba dan Tamu undangan.

 

Sebelum kegiatan berlangsung, Bupati Beserta rombongan yang didalamnya Dandim  1512/weda disambut dengan meriah dengan tarian cakalele oleh ketua adat mesa, dan tarian kene kene, oleh siswa siswi SMP, 

 

Bupati Halteng Edi Langkara, dalam sambutannya, mengapresiasi Seluruh masyarakat desa Mesa dan kotalou yang telah menjaga, melestarikan pantai dan laut serta upaya menjadikan pulau mtu mya sebagai satu kawasan wisata di kabupaten Halmahera tengah.

 

"Pemerintah daerah akan menjadikan pulau mtu my sebagai Lokasi destinasi wisata di wilayah Weda timur, dan secepatnya akan membangun fasilitas pendukung suatu kawasan pariwisata," ujar bupati.

 

Selanjutnya Wakil Bupati Halteng Rahim odeyani yang juga Selaku Sesepuh desa Mesa dan kotalou menuturkan, Pulau Mtu mya adalah simbol bagi masyarakat desa Mesa dan kotalou 

 

"jadi semoga dengan semangat gotong royong masyarakat desa Mesa dan kotalou dapat di tiru oleh masyarakat di seluruh wilayahnya Halmahera tengah," Harapnya.

 

Lebih lanjut kata dia, Semoga yg di lakukan hari ini menjadi suatu kebangkitan semangat masyarakat desa Mesa dan kotalou dan pada umumnya masyarakat Halteng.

 

Terpisah yang mewakili, Tokoh Pemuda kec weda timur Munadi kilkolda menyampaikan, Kesuksesan kegiatan ini terjadi karna ada gotong royong dari masyarakat desa Mesa dan kota Lou, yang bahu membahu dalam mendukung kegiatan Festival Mtu mya ini

 

Lanjut Munadi, kegiatan Festival Mtu mya juga, Merupakan suatu spirit bagi masyarakat desa Mesa dan Desa Kotalou untuk menjaga dan melestarikan laut di Sekitar Weda timur dan sekitarnya.

 

"Dengan dilaksanakannya, Festival Mtu mya bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa potensi Bahari yang ada di desa Mesa dan kota lou, adalah bentuk dan ciri has masyarakat Halmahera tengah," pungkasnya.

 

Dirinya berharap, Semoga pemerintah dareah dapat menjadikan kawasan pulau Mtu mya menjadi kawasan destinasi wisata dan memasukan vestifal Mtu mya agenda tahunan pemerintah daerah.

 

Usai pembukaan kegiatan,dilanjutkan dengan Pemotongan pita serta penandatangan berita acara Oleh Bupati Halteng pertanda telah di masukan pulau mtu mya dalam Calendar ifent off centra Halmahera, Pemasangan spanduk di bawa laut Pulau Mtu mya, penyerahan perahu atraksi kepada komunitas mtu mya yang di dampingi oleh Wakil Bupati Halteng, sekda Halteng, ketua DPRD Halteng, Dandim 

1512/ Weda dan kapolpos Weda Utara, beserta Penanaman Bakau secara simbolis oleh Bupati di pulau Mtu mya, yang di dahului acara ritual adat oleh toko adat desa Mesa dan kotalou. (Asdar/Faisal)