Sabtu, 08 Mei 2021 | 08:32:37 WIB

Kasdim Wakili Dandim 1512/Weda Hadiri Kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Halteng

Kamis, 25 Februari 2021 | 15:59 WIB
  • Foto bersama usai kegiatan

LINDO HALTENG - Kasdim 1512/Weda Mayor Inf. Eko Arif Cristianto, SE.,MM yang mewakili Dandim 1512/Weda Letkol Arm Budi Satria, S.H Menghadiri Kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Kegiatan tersebut Bertempat Dipolres kabupaten Halmahera tengah (Halteng) Kamis (25/02/2021).

 

Turut Hadir dalam kegiatan WBK dan WBBM yakni, Kapolres Halteng AKBP Nico A. Setiawan, S.I.K.,MM, Mewakili Dandim 1512/Weda, Kasdim Mayor Inf. Eko Arif Cristianto, SE.,MM, Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani, SH.,MH, Ketua DPRD Halteng Sakir Hi Ahmad, Asisten III Hi. Yastab, Dansatgaster Halteng Mayor Inf M, PJU Polres Halteng Miftahor Rizki, Kepala Rutan Halteng Supriyanto, Kadis Infokom Rida M. Saleh, Kabid Darat Dishub Halteng Sofyan, Mewakili Kepala BPN Ilham Setyawan, SH, Ketua KNPI Halteng Sunarwan Mochtar, Kepada Desa se-Kecamatan Weda, Mewakili perusahaan PT.SMA Farly Mambo/ General Affair, Mewakili PT.STM Dwija Wibowo/SUPT.FULSHI beserta tamu undangan.

 

Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani, SH.,MH, dalam sambutannya menyampaikan, Sudah tentunya kegiatan pencanangan zona integritas yang dilakukan oleh Polres Halteng menjadi suatu titik awal dan komitmen Polres Halteng dalam rangka untuk melakukan zona bebas korupsi dan meningkatkan kinerja birokrasi dari Polres Halteng.

 

 "Guna semata-mata pelayanan bagi masyarakat Halteng," katanya.

 

Dikatakan Rahim, Dalam hal akuntabelitas dan transpransi jika dikedepankan sudah pasti terbebas dari korupsi. Lanjut dia, perlu diketahui bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan baik yang ada di Polres maupun di dalam pemerintah daerah selalu di awasi, baik secara internal maupun secara eksternal dikarenakan kegiatan pelayanan yang dilakukan berasal dari anggaran negara oleh karena itu dibutuhkan suatu pertanggung jawaban untuk transpransi dan akuntabelitas.

 

Menurutnya, Sejauh ini kegiatan pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh Polres Halteng sudah bekerja keras, transparansi, akuntabelitas dan selalu mengedepankan nilai-nilai pelayanan birokrasi kepada masyarakat.

 

"Kami yang ada di birokrasi pemerintah daerah dalam hal ini Polres Halteng selalu mengedepankan suatu sistem pelayanan yang sangat luar biasa dan tentunya kami akan meminimalisir apa yang menjadi keluhan dari masyarakat terkait dengan pelayanan," Ujar Bang imo sapaan Akrabnya.

 

"Saya mewakili Bupati Halteng mengucapkan aspresiasi kepada Bapak Kapolres dan seluruh jajaran yang mana suda ada langkah maju untuk melakukan Suatu kegiatan pencanangan Zona Integritas dan Zona Bebas korupsi di Halteng," tungksnya.

 

Terpisah Kapolres Halteng AKBP Nico A. Setiawan, S.I.K.,MM mengatakan,Pada hari ini kami mengundang seluruh komponen yang ada di Halteng untuk hadir dalam penandatanganan piagam pencanangan zona integritas Polres Halteng menuju WBK dan WBBM.

 

Kapolres Halteng bilang, Ada 6 point yang kami harus penuhi yaitu :

1. Pernyataan komitmen untuk setiap Kasatker untuk membangun zona integritas yang akan di canangkan.

2. Komitmen tidak menerima gratifikasi.

3. Menjunjung tinggi kode etik dalam pelaksanaan tugas.

4. Tidak korupsi, kolusi dan nepotisme.

5. Memberi pelayanan sesuai perundang-undangan.

6. Memungut biaya sesuai perundang-undangan.

 

Lebih lanjut kata dia, pada poin-poin tersebut tentu pihaknya meminta kepada seluruh komponen yang hadir pada saat ini untuk bisa di awasi dalam pelaksanaan, baik itu berupa masukan, saran secara langsung maupun bisa melalui media yang kami sediakan, termasuk juga media-media sosial yang lainnya.

 

Dirinya mengakui, Dengan berbasis IT kondisi Halteng yang belum terjangkau oleh jaringan Internet saat ini,walaupun masi dalam proses berjalan pemasangan tower berbasis 4G, Akan tetapi pihaknya Akan selalu berusahan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan Website Polres Halteng sehingga kominikasi masyarakat dengan pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Halteng.

 

"Aplikasinya yang nantinya kami berikan tidak terlalu rumit cukup menggunakan Website mengingat bahwa penggunaan aplikasi kita masi terkendala dengan jaringan internet yang ada di wilayah Halteng," Akunya.

 

"Kami meminta kepada semua lapisan masyarakat dalam hal ini yang di wakili dalam undangan hari ini untuk membantu mengingatkan kami guna menigkatkan pelayanan," Sambung Kapolres Halteng.

 

Dirinya juga menuturkan, Untuk saat ini Polres Halteng belum maksimal dan belum memenuhi untuk bisa WBK dan WBBM sehingga dengan dicanangkannya zona integritas di Polres Halteng akan lebih memacu motifasi Saya selaku Kapolres dan juga kepada Anggota Polres.

 

"Berkaitan dengan pelayanan publik untuk memenuhi nilai minimum agar bisa dapat memperoleh nilai WBK dan WBBM nantinya, semua Ruangan pelayanan polres akan berada disatu tempat baik mulai dari SPKT, SKCK dan SIM, Sehingga masyarakat tidak perlu untuk mencari-cari ruangan pelayanan lagi di karenakan semua pelayanan suda di jadikan 1 tempat yang mana kami menggunakan bangunan Aula Polres Halteng untuk di jadikan ruang pelayanan," Sebutnya.

 

"Kami di Polres Halteng sekarang ini lebih banyak fokus pada pelayanan terhadap permohonan SPKT dan permohonan SKCK ini lebih mempermudah masyarakat untuk membuat SKCK, Serta kami juga membuka pelayanan di tingkat Polsek," tutup Kapolres Halteng.

 

Usai kegiatan di lanjutkan dengan penandatanganan pencangan pembangunan zona integritas Wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) Halteng. (Asdar/Faizal)