Kamis, 17 Juni 2021 | 08:46:15 WIB

Tenaga Kesehatan Satkes Seskoal Terima Vaksinasi Covid-19 Sinovac Tahap Kedua

Selasa, 2 Maret 2021 | 08:42 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 32 Tenaga Kesehatan Satuan Kesehatan (Satkes) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), menerima Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Kedua, di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, baru - baru ini.  Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama telah dilaksanakan pada awal bulan Februari 2021.

Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Seskoal Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi, Sp.B., M.Tr.Opsla., mengatakan, vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari program nasional oleh Pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi tahap awal yang diproritaskan untuk tenaga kesehatan khususnya bagi tenaga kesehatan Satkes Seskoal dalam menangani pasien Covid-19 secara langsung.

Kasatkes Seskoal menjelaskan prosedur pelaksanaan vaksinasi sebelum dilakukan penyuntikan dimana para peserta vaksi wajib mengikuti alur pelayanan vaksinasi. 

Pertama, peserta melaksanakan daftar ulang dengan memperlihatkan kartu identitas. Setelah daftar ulang, dilanjutkan dengan pemeriksaan (screening) kesehatan kepada peserta berupa pemeriksaan kesehatan sederhana dan anamnesis atau pemeriksaan kesehatan dengan metode wawancara. 

"Bagi peserta yang lolos pemeriksaan kesehatan dan anamnesis, maka bisa langsung dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin," terang Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi. 

Setelah selesai divaksin, peserta akan diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serta untuk mendapatkan kartu vaksinasi. (ARMAN R)