Rabu, 12 Mei 2021 | 19:11:35 WIB

Tetap Semangat, Kodim 1501/Ternate Gencar Melaksanakan Oprasi Yustisi

Selasa, 2 Maret 2021 | 14:24 WIB

LINDO TERNATE - Penerapan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 terus digalakkan di Kota Ternate dan Kabupaten Halbar. Seperti halnya Kodim 1501/Ternate bersama jajaran Koramil, tetap semangat melakukan operasi yustisi agar masyarakat di wilayahnya tetap mematuhi anjuran pemerintah.

Bahkan selain operasi yustisi secara persuasif, Kodim Ternate tidak segan menindak pelanggar protokol kesehatan. Terbukti masyarakat yang tidak menggunakan masker diperintahkan,bersihkan sampah atau pus up.

Selain itu jajaran Kodim Ternate setiap hari mengadakan operasi yustisi tersebut. "Setiap hari kami mengadakan operasi yustisi," kata Pasi ops Kodim 1501/Ternate Mayor Inf Roby Imanuel.

Dijelaskan Mayor Inf Roby Imanuel, pelaksanaan operasi yustisi tersebut merupakan penegakan disiplin sesuai Inpres nomor 06 tahun 2020,dan Perwali Kota Ternate nomor 20 Tahun 2020 dan Perbub Halbar Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kota Ternate dan Kabupaten Halbar

"Petugas dalam operasi yustisi melaksanakan penegakan dengan sasaran krumunan massa, pengendara atau pengguna jalan yang tidak memakai masker," jelasnya usai operasi yustisi di Pelabuhan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara, Selasa (02/03/2021).

Perwira TNI-AD berpangkat melati satu dipundaknya mengungkapkan, anggota juga melaksanakan penegakan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan cegah Covid-19 berupa teguran lisan dan sanksi sosial Termasuk memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat beraktifitas yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan sebelum dan sesudah aktifitas, menjauhi kerumunan dan kurangi mobilitas

"Kita juga terus memberikan himbuan kepada warga masyarakat agar tetap disiplin 5 M di era adaptasi kebiasaan baru," imbuhnya.

Selain itu dalam operasi yustisi ini secara keseluruhan berlangsung aman, kondusif dan tidak ada kasus yang menonjol ditengah wabah Covid-19.

Hal itu diungkapkan Dandim 1501/Ternate Letkol Inf R Moch Iskandarmanto S.E, mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat oprasi, ini  berjalan lancar dan aman. Serta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel yang terlibat dalam Yustisi penegakan disiplin Covid 19 di Kota Ternate dan Kabupaten Halbar serta sinergitas yang terjalin dengan Instansi terkait.

"Alhamdulillah secara umum situasi wilayah Kota Ternate dan Halbar aman dan kondusif hingga kini, ungkapnya.

Kepada masyarakat Kota Ternate dan Halbar lanjut Dandim, " terimakasih telah ikut serta menjaga situasi keamanan,dan ketertiban tetap aman, damai dan kondusif di tengah wabah Covid-19 ini. 

"Hal ini menjadi suatu yang membanggakan, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ternate dan Halbar yang telah patuh dan taat, sehingga tidak menimbulkan klaster baru. Stay At Home," papar Dandim

Tak lupa Iskandarmanto juga mengajak seluruh masyarakat Kota Ternate dan Halbar di tahun 2021 ini, karena wabah Covid-19 belum berakhir agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan agar keluarga kita tidak tertular penyakit Covid-19. Pastikan juga kepada anak-anak  kita serta mulailah mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat di dalam keluarga, pungkas Iskandarmanto. (Faizal)