Rabu, 12 Mei 2021 | 18:19:39 WIB

Ajak Generasi Muda Sukseskan PPKM, TNI AL Gelar Maritime Hackathon

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:33 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengajak generasi muda untuk mensukseskan program Maritime Hackathon 2021 dalam rangka Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM), yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, di Markas Komando Dispotmaral, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya No 10, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Kamis (4/3/21).

 

Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim yang dikemas dalam kegiatan Maritime Hackathon 2021 ini, merupakan kompetisi kreatifitas menciptakan ide dan inovasi yang akan diimplementasikan dalam pengembangan beragam produk inovatif, berupa pengelolaan data dan pengembangan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir. 

 

Kegiatan ini merupakan penjabaran dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., yang mengharapkan personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) hidup dan bergaul di tengah-tengah masyarakat harus memiliki manfaat bagi lingkungannya. 

  

Dalam kesempatan tersebut, Kadispotmaral mengatakan, PPKM-Maritime Hackathon dengan tema, “Maritim Jaya, Indonesia Hebat” terselenggara atas kerja sama Dispotmaral dengan Telkom University dan TemanSiswa.com. Kompetisi dengan total hadiah Rp 100 juta ini, terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan profesional Warga Negara Republik Indonesia. 

 

Para peserta lomba dapat membentuk tim maksimal 3 orang dan mendaftarkan diri mulai tanggal 5 Februari sampai dengan 22 Maret 2021, melalui website https://hackathonmaritim.id/ atau menghubungi kontak di nomor 082299483926 (Suci).

“Maritime Hackathon 2021 bisa menghasilkan produk-produk yang sangat bermanfaat tidak hanya berupa konsep ide saja, tetapi sebuah produk digital yang bisa dikembangkan seperti Web Base Apps, Mobile Apps, Data Processing & Analysis, serta Internet of Things (IoT),” ujar Brigjen TNI (Mar) Nurri.

 

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak Muhammad Rachmat Kaimuddin yang dihadirkan sebagai narasumber, sangat mengapresiasi insiatif Dispotmaral untuk menggelar kegiatan ini. 

 

Menurutnya, PPKM-Maritime Hackathon sejalan dengan semangat Bukalapak sebagai platform all-commerce yang ingin memberikan akses bagi siapapun untuk berniaga, sehingga menciptakan ekonomi yang adil melalui inovasi teknologi.

 

Sedangkan, Dekan Fakultas Informatika Telkom University Dr. Z.K. Abdurahman Baizal, S.S.I., M.Kom., menyampaikan dukungannya karena PPKM – Hackthon dinilai sebagai bentuk sinergi kedua institusi untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional, dan Universitas Telkom sebagai mitra akademis. 

 

Narasumber lainnya, yaitu Praktisi Industri Kreatif dan Seniman Chica Koeswoyo mengungkapkan, kompetisi ini sangat strategis untuk menjaring potensi anak muda untuk berkontribusi dalam pengelolaan potensi maritim nasional. 

 

"Nasionalisme era mileneal saat ini memerlukan pendekatan yang berbeda dan gelaran ini menjadi salah satu jawaban untuk merangkul potensi mereka," terang Chica Koeswoyo.

 

Dengan target mencapai 100 tim, Grandfinal Maritime Hackathon akan menghasilkan 10 tim finalis dan diumumkan pada 7-8 April 2021 di media sosial Instagram @hackathonmaritim dan Twitter @MaritimeHack.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Kadiskomlekal Laksma TNI Joko Edi Supriyanto, S.Sos., Kadisinfolahtal Laksma TNI Aria Cakra Wibawa, M.A., GDAIS., para Sekdis terkait, para Kasubdis Dispotmaral, serta para undangan lainnya. (ARMAN R)