Jumat, 18 Juni 2021 | 07:15:10 WIB

Masyarakat Nilai Pamsimas Didesa Aer Slobar Bikin Rugi Anggaran Negara

Jum'at, 23 April 2021 | 23:14 WIB
  • Beton Bangunan Pansimas Tahun 2019

LINDO HALTENG - Masyarakat Menilai Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dibangun pada tahun 2019 didesa Aer Salobar Kecamatan weda selatan Kabupaten Halmahera tengah, privinsi Maluku Utara (Malut) itu diduga Merugikan Anggaran Negara, Pasalnya Tidak difungsikan Dan Dibiarkan Hingga Tak terurus.

Faktanya sejak proyek tersebut selesai dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu dari sumber air galian didesa Tersebut, dengan jarak tempuh aliran air menggunakan pipa (Paralon) ke Rumah warga Desa  kurang lebih 1  Kilometer (KM) yang tertampung di bak penampungan air dan kemudian dibagi ke tiap-tiap rumah dinilai gagal.

Hal tersebut Menurut Masyarakat yang enggang dipublis Namanya jumat (23/04/2021) Menyampaikan, Pansimas Yang dibangun dengan Angaran Ratusan Juta  menggunakan dana sharing dari APBN, dan APBDes didua desa yakni desa Aer Salobar dan desa loleo ini Dinilai Merugikan Anggaran Negara.

Kata dia, sejak selesai dibangun, Pamsimas ini sempat berjalan dan hanya beberapa masyarakat saja yang menikmati air bersih.

"Itu pernah berjalan setelah itu sudah tidak lagi Ada apa sebenarnya," Tanyanya.

Padahal Lanjut dia, Anggatan Ratusan juta rupiah yang dikeluarkan negara untuk Sepnuhnya diperuntukan ke Masyarakat   ini Dianggap Sia sia dan tidak Ada Hasil.

"Sangat Aneh bin Ajaip Anggaran ratusan juta Hanya ada tanda Bangunan dan pipa (Paralon)  berserakan dan tak terurus," Tandasnya.

Sementara Koordinator Pamsimas Halteng Marten, ketika dikonfirmasi via tlepon seluler oleh media ini Tak dirspon, sehingga berita ini dipublis.

(Asdar.s)