Jumat, 18 Juni 2021 | 07:06:06 WIB

Peringati Hari Kartini, PB Djaman Malut Gelar Sosialisasi Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Senin, 26 April 2021 | 14:49 WIB
  • Foto bersama usai kegiatan

LINDO TERNATE - Pengurus Besar Jaringan Mahasiswa Nuku (PB Djaman) Maluku Utara (Malut) Minggu (25/04/2021) Turut Memperingati Hari Kartini dengan Menggelar Kegiatan Sosialisasi Kekerasan Seksual Terhadap Anak dibawah Umur. Kegiatan tersebut Bertempat dikelurahan Togolobe Kecamatan pulau Hiri Kota ternate Provinsi Maluku Utara (Malut).

Hadir dalam Kegiatan Sosialisasi, PB Djaman Malut, Forum Anak Kelurahan Togolobe, Anak-anak Kecamatan Pulau Hiri, mulai dari yang duduk di bangku SD, SMP hingga SMA, pemuda pemudi Kelurahan Togolobe,Mahasiswa KKL TEMATIK IAIN Ternate, dan Ketua LPM Kelurahan Togolebo.

Sebelum Sosialisasi dimulai Ketua LPM kelurahan togolobe, Amir Arifin Menyampaikan, pihaknya Sangat Mengapresiasi Kegiatan Sosialisasi Dari PB Djaman Malut Karena pemilihan tempat Sudah sesuai yakni dikecamatan Pulau Hiri.

Menurutnya, dikecamatan pulau Hiri ini sudah ditetapkan sebagai Daerah layak Anak, dan disini juga sudah ada Forum Anak. "Olehnya itu sangat penting untuk disosialisasikan Hal hal yang berkaitan dengan kekerasan terhadap Anak Apalagi Anak dibawa umur," imbuhnya.

"Kedepannya bisa dilakukan kegiatan seperti ini yang lebih besar lagi serta melibatkan banyak pihak dan kami siap untuk memfasilitasinya" Harap Amir.

Usai Penyampayan dari Amir Arifin dilanjutkan dengan penyampayan Materi Oleh Irmayanti Haji Ibrahim dan Tia Amirudin 

Irmayanti yang juga merupakan PB Djaman Malut Bidang Pemberdayaan Perempuan ini Menjelaskan Bahwa "Setiap anak mempunyai hak untuk berbicara, yang didalamnya di dengar dan mendengar," Ujar Irma Seraya Menegaskan, penanaman pengetahuan tentang seks sejak dini itu harus di sosialisasikan ke anak-anak dan masyarakat agar kiranya bisa menghindari dampak terjadinya kekerasan seksual di sekitar anak.

"Perlu diketahui  pencegahan terjadinya kekerasan seksual menjadi tanggung jawab semua pihak untuk diimplementasikan dalam aktifitas kehidupan kita Sehari hari," Imbuhnya.

Ketua PB Djaman Malut Rizqi  Menambahkan, Pihaknya Berharap Sosialisasi Yang digelar ini mendapat pengetahuan Dasar tentang kekerasan Seksual " Sehingga kita Sama sama bisa mencegah bahkan menghilangkan kekerasan seksual terhadap anak, karena anak juga punya hak untuk hidup dan penghidupan, serta tumbuh menjadi generasi masa depan bangsa," Harap Rizqi

Dia juga menambahkan, dengan sosialisasi sekaligus pemberian Materi ini diharapan, agar anak-anak pada usia-usia dini bisa mendapat edukasi mengenai kekerasan seksual serta dampak dan bagaimana cara mengatasinya.

(Asdar.S)