Senin, 02 Agustus 2021 | 10:26:16 WIB

Komandan Korps Marinir : Tugu Letnan KKO Soetomo Jadi Sumber Inspirasi Bagi Generasi Penerus Bangsa

Sabtu, 29 Mei 2021 | 15:14 WIB
  • (FOTO :DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tugu Letnan KKO Soetomo sebagai penanda peristiwa sejarah perjuangan bangsa di zaman perang kemerdekaan dan saat ini bisa dijadikan sebagai objek wisata sejarah bagi masyarakat sekitar, serta nilai-nilai patriotik dari para pejuang yang disimbolkan dalam bentuk bangunan bersejarah diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Hal demikian disampaikan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, saat  meresmikan renovasi Tugu Letnan KKO Soetomo, di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (28/5/21).

Sebelumnya, orang nomor satu di Korps Marinir tersebut, meresmikan renovasi Jembatan Kapten KKO Warih Prabowo yang jaraknya kurang lebih 2 Km dari Tugu Letnan KKO Soetomo.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud bakti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), yang dilaksanakan dalam bentuk Karya Bakti dan Bakti Sosial (Baksos) Korps Marinir TNI AL Tahun 2021, dengan melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain : Renovasi Jembatan Kapten KKO Warih Prabowo, Renovasi Tugu Letnan KKO Soetomo yang didalamnya terdapat Mushola, Tempat Wushu, Fasilitas Kamar Mandi, Lapangan Upacara dan Toilet Umum serta  Sosialisasi Bela Negara Penyuluhan Kesehatan serta Baksos berupa pembagian sembako kepada masyarakat Desa Wanarata yang terdampak pendemi Covid 19.

Dalam sambutannya, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memantapkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dankormar juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak terkait khususnya masyarakat Desa Wanarata serta jajaran Forkopimda Kabupaten Pemalang atas bantuan serta kontribusi yang telah diberikan kepada Korps Marinir dan TNI AL.

Selain sambutan Dankormar, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, melalui peresmian Tugu Letnan KKO Soetomo ini, agar generasi muda dapat menjadikan Tugu tersebut sebagai inspirasi bahwa untuk mencapai sebuah cita-cita luhur diperlukan perjuangan yang tidak mudah bahkan para pejuang bangsa rela mengorbankan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan dari kejamnya para penjajah.

Selain itu, Bupati Pemalang mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada Dankormar yang menyelenggarakan kegiatan karya bakti dan Baksos, di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. “Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi beban kebutuhan masyarakat terutama di masa pandemi covid 19 seperti sekarang,” harap Mukti.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal) Laksamana Pertama TNI Supardi, S.E., M.B.A., CHRMP., Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Komandan Pasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E.,M.M., Koorsahli Dankormar Kolonel Marinir Edy Setyawan, M.M, Bupati Pemalang, Bupati Tegal, Bupati Batang dan Forkopimda Kab Pemalang,  Para Asisten Dankormar dan Kadis Kormar serta Danlanal Tegal. (ARMAN R)