Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:27:44 WIB

Upacara HUT 76 RI di Jailolo Timur Berlangsung Khidmat, dan Lancar

Selasa, 17 Agustus 2021 | 20:41 WIB
  • Anggota TNI AD sedang mempersiapkan menaikan bendera merah putih pada upacara HUT 76 RI dilapangan bola desa Akelamo Cinga cinga, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar, Selasa (17/08/2021). (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Pelaksanaan Upacara HUT 76 RI pada 17 Agustus 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta hingga petugas upacara dibatasi dan wajib menggunakan masker, termasuk di seluruh kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan di Provinsi Maluku Utara (Malut).

 

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, puluhan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat di Akelamo Cinga-cinga tak mau ketinggalan menyaksikan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dipusatkan dilapangan desa Akelamo.

 

Tampak antusias ASN dan warga mengikuti upacara dari tepi lapangan upacara yang penerapannya tetap menggunakan masker.


Fatima, salah satu warga desa Akelamo kepada media ini mengaku terharu dengan pelaksanaan upacara ditengah pandemi Covid-19. "Tahun ini kita rasa beda, tidak seperti tahun-tahun kemarin yang begitu meriah menjelang hari kemerdekaan," ucap Irma.

 

Hal senada juga disampaikan Sahra M Djae, salah satu ASN dilingkungan pemerintah kecamatan Jailolo Timur. Menurutnya, lebih baik menghadiri dan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih daripada hanya berdiam diri dirumah.

 

"Ini hari yang sangat bersejarah, setahun sekali diperingati jadi penting bagi saya untuk hadir dan lihat langsung," ujarnya.

 

Camat Jailolo Timur Ridwan Dano Saleh, yang juga sebagai Inspektur Upacara (Irup) mengaku ada sedikit perbedaan peringatan HUT pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab adanya bencana alam pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

 

“Iya bedanya sedikit kita lihat pasukan pengibaran bendera tidak ada pasukan paskibraka, dan tadi hanya empat anggota TNI AD saja. Kemarin juga Presiden mengukuhkan di pusat hanya 8 orang tambah pembawa bendera dan pengibar bendera dan seluruh Indonesia seperti itu karena bencana Covid 19 sehinga kita sesuaikan saja," imbuhnya.

 

Camat juga menambahkan bencana Covid 19 yang rata-rata mewabah wilayah Indonesia dan dunia, diharapkan secepatnya berakhir agar masyarakat bisa beraktifitas dengan baik.

 

“Untuk itu kita mesti sabar karena Covid 19 masih merajalela. Insha Allah, Allah mengangkat musibah  sehingga semuanya bisa normal kembali," pungkasnya.

 

Turut hadir dalam upacara HUT RI ke-76, yaitu Camat Jailolo Timur Ridwan Dano Saleh, Kepala KUA Jaltim, kepala Puskesmas Jaltim, enam kepala desa, ketua dan anggota BPD enam desa, Kaur pemerintahan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan  warga desa Akelamo Cinga-cinga.

 

Kemudian, bertindak selaku Inspektur Upacara, Camat Jailolo Timur Ridwan Dano Saleh, Komandan Upacara Sarsan dua Faisal Amirudin dan dibantu oleh 3 anggota TNI AD yang bertugas dipos tentara TNI di desa Dum-dum.

 

Sementara peserta upacara HUT 76 RI di Jailolo Timur kali ini terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, ASN, dan staf kantor desa serta BPD di enam desa.

 

Rencananya acara penururan bendera merah putih dikecamatan Jailolo Timur akan dilaksanakan pada sore hari yaitu pada pukul 17.30 Wit.

 

(ALDY M)