Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:41:07 WIB

Jaltim Adakan Gladi Bersih Dalam Upacara HUT 17 Agustus

Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:56 WIB
  • Camat Jailolo Timur Ridwan Dano Saleh saat menjadi Inspektur Upacara Dalam perayaan HUT 76 RI di lapangan bola desa Akelamo Cinga-cinga, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halmahera Barat, Senin (16/08/2021). (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Warga masyarakat Enam Desa di Kecamatan Jaillo Timur (Jaltim), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), siap mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-76. Hal itu dibuktikan dengan adanya kegiatan gladi bersih HUT RI ke 76 yang diadakan di lapangan bola, desa Akelamo Cinga-Cinga, kecamatan Jaltim, Halbar, Senin (16/08/2021).

 

Acara gladi bersih itu, melibatkan para pegawai kecamatan Jaltim, pemerintah desa di enam desa, masyarakat enam desa dan anggota TNI AD yang bertugas diwilayah perbatasan kabupaten Halbar dan Kabupaten Halut yang ada diposko TNI AD di desa Dum-dum, yang dilakukan pada Senin (16/08/2021) pagi dan sore hari.

 

Walaupun suasana dalam pandemi covid 19, namun warga masyarakat dan unsur muspida dari kecamatan dan TNI AD, tetap mengikuti protokol kesehatan, karena dalam masa PPKM ini Halbar telah menurun dilevel 3. Semua peserta upacara tetap menggunakan masker saat acara dimulai.

 

Susana covid 19 ini, pemerintah sangat membatasi pergerakan dan aktifitas masyarakat disaat Halbar diterapkan PPKM, walaupun adanya kegiatan upacara HUT RI, masyarakat dilarang berkerumanan maupun berkumpul dalam sebuah acara.

Acara gladi bersih HUT RI ke-76 itu diadakan sangat sederhana saja, tidak ada yang melanggar prokes saat kegiatan berlangsung.

 

Sedangkan persiapan detik-detik HUT RI yang ke-76 itu akan dipusatkan di desa Akelamo Cinga-Cinga, kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar, pada Selasa (17/08/2021) besok tentu sudah siap digelar.

 

Yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Camat Jaltim Ridwan Dano Saleh, Komandan Upacara Sarsan dua Faisal Amirudin, pengibaran bendera sangsaka merah putih pada Selasa (17/08/2021) besok akan ditugaskan oleh ketiga anggota TNI AD yang bertugas di pos Dum-dum. Peserta upacara akan dihadiri oleh pemerintah desa, tokoh masyarakat anggota veteran, guru sekolah dan murid SDN, SMP dan SMA yang ada di desa Akelamo Cinga-cinga.

 

ALDY M