Kolonel Laut (P) Edi Sucipto Jabat Kadispenal

JAKARTA, LINDO – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, melantik Kolonel Laut (P) Edi Sucipto sebagai pejabat baru Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) menggantikan pejabat sebelumnya Laksma TNI M. Zainudin dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), di Gedung Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/3).

Bersamaan dengan itu dilaksanakan pula Sertijab Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) dari Laksma TNI Teguh Widodo, kepada Laksma TNI Ade Sumadi.

Pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, adalah mantan prajurit pasukan khusus antiteror Detasemen Jalamangkara (Denjaka).  Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-34 tahun 1988 ini, pernah menjabat sebagai Komandan Tim-A Denjaka, Pasops Denjaka, Pasintel dan Pasmin Denjaka.

Sebelum bergabung di satuan Denjaka, ia dibesarkan di lingkungan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Perwira yang menerima promosi pangkat bintang satu ini, juga pernah menjabat sebagai Komandan kapal perang (KRI) pada tiga kapal, yakni Komandan KRI Teluk Sibolga-536, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Pandrong-801, dan KRI Silas Papare-386.

Selain itu pernah pula menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, Komandan Lanal Bangka, Atase Angkatan Laut RI di Kuala Lumpur Malaysia serta jabatan terakhir sebagai Paban VI Taswilnas Ster Panglima TNI.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, tantangan tugas yang sangat dinamis dan semakin kompleks, harus dapat dijawab melalui peningkatan kinerja dan kualitas organisasi.

Menurutnya, peran Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) sangat penting dalam melaksanakan publikasi dan sosialisasi berbagai kegiatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) serta kebijakan pemimpin kepada personel TNI AL maupun masyarakat umum.

“Muara dari tugas Dispenal tersebut adalah untuk mewujudkan citra positif TNI AL di tengah masyarakat.  Untuk itu, tingkatkan kinerja secara terarah, terukur dan bertanggung jawab, serta adaptif terhadap perkembangan situasi terkini,” tegasnya.

Berbagai bentuk publikasi tambahnya, yang dihasilkan, baik berupa media cetak maupun media elektronika, dapat menjadi referensi yang kredibel dan terpercaya, dan mampu menjadi media edukasi dalam memasyarakatkan budaya maritim Bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu jajaran Dispenal harus bergerak cepat, karena saat ini siapa yang paling cepat menyampaikan berita, dialah yang akan mengarahkan opini masyarakat,” jelas Kasal.

Turut hadir dalam upacara sertibat tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring, Irjenal, Koorsahli,  Kasal, para Asisten Kasal, serta para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal TNI AL.

ARMAN R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *